Pacitan adalah sebuah kabupaten yang terletak di ujung barat tenaga Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan segera dengan Samudra Hindia. Kota Pacitan juga diketahui sebagai Kota Pariwisata atau Kota Seribu Goa.

 

Hal ini karena kota Pacitan mempunyai kekayaan alam yang luar lazim. Kekayaan alam inilah yang kerap kali memikat hati wisatawan untuk berdatangan ke kota ini. Letaknya yang berbatasan segera dengan Samudra Hindia membikin Pacitan mempunyai banyak pantai cantik yang sepatutnya Anda kunjungi. Inilah 8 pantai di Pacitan yang sayang untuk dilewatkan.

 

  1. Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Kecamatan Donorojo, kurang lebih sekitar 35 km perjalanan ke arah barat kota Pacitan. Lama waktu yang Anda perlukan untuk tiba di pantai ini adalah sekitar 60 menit.

 

Pantai ini terbilang masih natural, sehingga jalanan menuju pantai ini cukup sulit adalah banyak tanjakan dan bawaan yang cukup ekstrim serta ada beberapa bagian jalan yang sudah rusak. Oleh karena itu bagi Anda yang tak lazim berkendara di medan ekstrim sebaiknya menyewa supir.

 

Pantai Klayar adalah salah satu objek tamasya unggulan di Pacitan. Keistimewaan pantai ini kecuali pasirnya yang seputih susu, juga terdapat batu karang yang wujudnya menyerupai Spink dan air mancur natural dengan tinggi menempuh 10 meter.

 

Gradasi warna air laut dari biru hingga hijau toska dipadu dengan putihnya pasir pantai membikin siapa saja yang memandang jatuh cinta dengan pantai ini. Bebatuan karang yang kokoh dan menjorok membikin pantai ini hampir sama dengan Tanah Lot di Bali.

 

  1. Pantai Teleng Ria
READ  Menikmati Teh Hijau di Malino Highlands yang Sejuk

Pantai Teleng Ria adalah pantai yang mempunyai lokasi paling dekat dengan kota Pacitan. hanya berjarak kurang lebih sekitar 3,5 km dari pusat kota dengan waktu tempuh sekiranya perjalanan tak macet sekitar 15 hingga 30 menit.

 

Pantai ini wujudnya menjorok ke laut sehingga bisa juga disebut sebagai teluk. Pantai Teleng Ria masuk dalam jajaran pantai selatan dengan pasir putih yang memrentang luas sepanjang 3 km.

 

Di sini Anda bisa menikmati menawannya pasir putih, laut yang biru dengan background rangkaian Gunung Limo. Ombak di pantai ini tak terlalu besar sehingga sesuai untuk bermain di laut, mandi, maupun berenang. Di Pantai Teleng Ria ini juga terdapat Daerah Pelelangan ikan. Anda yang mau membawa pulang ikan segar dari laut bisa membelinya di TPI.

 

  1. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai ini adalah salah satu pantai di Pacitan yang sesuai Anda jadikan acuan tujuan utama tamasya Anda.

 

Disebut sebagai Banyu Tibo karena Banyu Tibo dalam bahasa jawa mempunyai arti air yang jatuh. Tepat di tepi pantai ini terdapat air terjun. Inilah alasan mengapa pantai ini disebut Banyu Tibo.

 

Air terjun yang ada di Pantai Banyu Tibo ini berasal dari sungai kecil yang mengalir di atas tebing. Aliran air sungai inilah yang terjun ke laut dan menyatu dengan ombak di sebuah teluk kecil. Sungai ini tak pernah kering ketika musim kemarau dan airnya juga benar-benar jernih.

 

  1. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan terletak di kecamatan Donorojo, Pacitan. Lokasi pantai ini tak jauh dari Pantai Klayar. Dari kota pacitan sekitar 44 km dan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, karena tak ada angkutan lazim yang beroperasi di sekitar pantai ini.

READ  Oleh-oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

 

Jikalau Anda menyukai alam yang hening, datang ke pantai ini adalah jawabannya. Pantai Buyutan terbilang masih perawan, tak banyak wisatawan yang datang ke pantai ini sehingga membikin situasi pantai ini benar-benar bersih, dengan pasir pantai seputih susu. Airnya malahan benar-benar jernih.

 

Dengan situasi yang benar-benar natural ini dan masih kurangnya fasilitas yang ada, diharapkan Anda tak buang sampah di sekitar pantai.

 

  1. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong terletak di Kelurahan Sendang, Donorojo Pacitan. Akses untuk menuju pantai ini terbilang belum total, khususnya sekiranya hujan baru saja turun.

 

Keistimewaan pantai ini adalah, Anda bisa menikmati pemandangan pantai selatan dengan tebing-tebing kokoh berbalutkan tumbuhan hijau yang menjulang tinggi. Letak tebing ini berada di tepi barat dan menjorok ke laut. Sekilas pantai ini tak jauh beda dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali.

 

  1. Pantai Srau

Salah satu pantai di Pacitan yang mirip dengan Pantai Klayar adalah Pantai Srau. Pantai Srau terletak di Desa Candi Kecamatan Pringkuku, sekitar 25 ke arah barat kota Pacitan. Akses jalan menuju pantai ini cukup berkelok-kelok dengan jalan yang relatif kecil.

 

Ciri khas Pantai Srau adalah pasirnya yang benar-benar putih dan batu-batu karang yang menjorok ke arah laut. Pantai Srau dulunya juga pernah diterapkan sebagai lokasi syuting sebuah film layar lebar yang berjudul Tania yang diperankan oleh Ferly Putra, Wulan Guritno, dan lain-lain.

READ  Vihara Buddhagaya Watugong Wisata Semarang

 

  1. Pantai Setibanya Uluh

Pantai Setibanya Uluh adalah salah satu pantai di Pacitan yang mempunyai akses jalan yang bagus karena melewati jalanan lingkar selatan. Rute yang bisa Anda ambil adalah melewati JLS, hingga fly over gayam, belok kiri melewati pasar gayam. Teruskan perjalanan hingga berjumpa fly over.  di pertigaan sesudah gapura masuk Desa Klasem.  terus hingga berjumpa pertigaan kedua. Di sana ambil lajur kanan. Ikuti jalan yang ada hingga tiba di pantai Setibanya Uluh.

 

Pantai Setibanya Uluh adalah salah satu pantai yang mempunyai ombak besar sehingga kerap kali diterapkan sebagai lokasi surfing bagi pecinta olahraga surfing.  batu karang yang tersebar di tepi pantai menambah estetika pantai ini.

 

  1. Pantai Watukarung

Pantai Watukarung terletak di Desa Watu Karung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan. Jarak pantai ini dengan kota Pacitan sekitar 25 hingga 30 km yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.

Bagi Anda yang mau menuju pantai ini disarankan menerapkan kendaraan pribadi karena situasi jalan menuju pantai ini kecil dengan banyak tanjakan dan bawaan. Anda sepatutnya benar-benar waspada ketika berkendara.

 

Watukarung adalah pantai yang mempunyai pasir putih, hampir mirip dengan Pantai Srau.  pemandangan yang cantik, pantai ini juga mempunyai ombak yang besar sehingga kerap kali diterapkan untuk kancah surfing.

Dengan jenis reef break dan dasar laut berupa batuan karang, pada waktu-waktu tertentu Pantai Watukarung bisa menghasilkan barrel yang akan membikin para surfer serasa di surga.