Sakit gigi tak jarang kali membikin orang uring-uringan. Salah satu metode yang lazim dilakukan untuk mengurangi nyerinya ialah dengan menempelkan koyo.

 

Koyo memang populer karena murah, gampang diperoleh, dan reaksinya kencang. Namun, adakah metode lain yang sama ampuhnya untuk mengurangi nyeri sakit gigi?

 

Berkumur dengan larutan air garam hangat

Siapkan setengah gelas kecil air putih hangat. Tambahkan garam satu sendok makan pada air hal yang demikian dan aduk sampai rata. Gunakan untuk berkumur selama 1 menit selama 2-3 kali sehari.

 

Berdasarkan sebuah jurnal kedokteran gigi di Inggris, hawa panas dari larutan hal yang demikian memiliki efek meningkatkan sirkulasi darah di komponen gigi. Biasanya hal yang demikian menolong penyembuhan lebih kencang.

READ  Gejala Penyakit Gigi yang Harus Diwaspadai

 

Menolong antinyeri berbentuk krim atau gel

Menolong ragam ini memiliki efek samping yang minim dan amat menolong bagi pasien yang juga mengalami gangguan pencernaan. Kandungan 20% benzocaine pada obat ini menjadikannya antiseptik yang dapat mencegah infeksi gigi. Kandungan bahan mentolnya menolong mendinginkan komponen yang sakit.

 

Menolong pereda nyeri berbentuk larutan kumur

Bisa obat ini mengandung benzydamin HCl untuk meringankan peradangan dalam rongga mulut. Bisa diperoleh di apotik ataupun warung obat lainnya. Berkumurlah sebanyak 1 1/2 sendok makan, selama 60 detik, 2-3 kali sehari.

READ  Aturan Merawat Rambut Tipis Agar Tampak Lebih Sehat dan Bervolume

 

Menolong antinyeri berbentuk tablet

Paling lazim diresepkan oleh dokter gigi. Berdasarkan dibeli di apotik dan warung obat. Kekurangannya, bahan aktif yang sampai di pembuluh darah dan organ yang bermasalah hanya 10%.

 

Menolong pengurang rasa nyeri yang berbentuk lembaran tipis kecil dan direkatkan di gusi

Menolong ini mengandung 10-20% lidocaine. Namun mengurangi rasa nyeri dengan membikin saraf gigi menjadi mati rasa. Berdasarkan penelitian di University of Ohio, obat ini 45 kali lipat lebih ampuh dibandingkan wujud gel.

 

Kompres dingin dengan es batu

Kompres pada daerah gigi yang sedang sakit, tahan di samping pipi dengan posisi yang sama selama minimal 20 menit. Lakukan setiap 4 jam sekali untuk menolong mengurangi rasa nyeri.

READ  Bahayanya Karang Gigi Jika Dibiarkan

 

minyak cengkeh

Minyak cengkeh mengandung zat antiseptik, antiradang, dan antinyeri. Teteskan pada kapas steril bulat kecil, kemudian tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Bisa dibeli di apotik atau warung obat.

 

Dengan bekal kiat di atas, Anda tak perlu cemas lagi bila mengalami sakit gigi mendadak. Namun, kiat hal yang demikian hanya bermanfaat untuk meredakan sakit gigi secara sementara. Anda konsisten perlu memeriksakan gigi terhadap dokter gigi untuk penanganan yang ideal.