Deretan pantai di Kulon Progo menjadi salah satu kekuatan tarik liburan pesisir di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Berada di sebelah barat ibu kota, Kulon Progo bisa ditempuh hanya dengan berkendara sekitar 1 jam perjalanan.

 

Padahal lebih dahulu populer dengan liburan Kalibiru, pantai-pantai di Kulon Progo juga tidak keok menarik untuk dikunjungi. Apalagi, keberadaannya belum diketahui terlalu banyak orang sehingga suasananya cenderung lebih hening. Penasaran, kan? Tenang saja, Traveloka telah merangkum daftar lengkapnya untuk kamu. Simak info selengkapnya dalam tulisan berikut ini:

 

  1. Pantai Pasir Kadilangu

Sejak dibuka pada 2016 lalu, Pantai Pasir Kadilangu menjadi destinasi liburan yang populer dikunjungi di Kulon Progo. Padahal namanya pantai pasir, kamu tidak bisa bermain pasir di sini. Pasalnya, sekeliling pantai ini justru merupakan hutan mangrove dengan hamparan alam hijau yang menarik untuk dijelajahi.

 

Ada pula kekuatan tarik lain dari hutan mangrove, merupakan  bangunan-bangunan unik yang terbuat dari bambu. Mulai dari jembatan, replika menara Eiffel, sampai spot berbentuk hati bisa kamu jadikan spot foto menarik di sini. Selain itu, terdapat juga tulisan-tulisan menarik sekalian menggelitik untuk diciptakan spot foto unik. Sekiranya berminat bertamasya di Pantai Pasir Kadilangu, kamu bisa datang ke tempat Jangkaran, Temon.

READ  Jam buka Candi Prambanan

 

  1. Pantai Congot

Berada di sisi barat Yogyakarta, Pantai Congot di Kulon Progo memberikan suasana nyaman ketika pertama kali mengunjunginya. Di sekitar pantai terdapat hutan mangrove yang bisa kamu telusuri keindahannya. Berbeda dari kebanyakan pantai di Indonesia yang berpasir putih, Pantai Congot justru mempunyai pasir berwarna hitam.

 

 

Menariknya, pantai ini menjadi pelabuhan kapal-kapal nelayan sehingga kamu bisa membeli lantas ikan segar hasil tangkapan. Melainkan kalau kamu tidak mau membeli ikan mentah, ada pula beberapa kios dan rumah makan yang memasarkan hidangan seafood. Kau juga bisa membeli oleh-oleh berupa kerajinan tangan dari serat daun pandan pantai yang diciptakan oleh penduduk setempat. Cukup menarik, bukan?

READ  Menjelajahi hotel-hotel di Yogyakarta

 

  1. Pantai Trisik

Pantai berikutnya yang sayang kalau dilewatkan merupakan Pantai Trisik. Lokasi Pantai Trisik ada di Jalan Jalur Lintas Selatan, sehingga gampang diakses oleh pengunjung. Ketika menuju Pantai Trisik, kamu juga akan disuguhi panorama menawan khas pantai dan kampung nelayan setempat.

 

Tak hanya sebagai tempat liburan, pantai ini malahan dinobatkan sebagai kawasan konservasi penyu di kawasan Yogyakarta. Jadi, kamu bisa memperhatikan sekumpulan buah hati penyu di tepi pantai. Melainkan, tetaplah ingat untuk berhati-hati dan menjaga ekosistem rumah penyu di sekitar lokasi ya.

 

  1. Pantai Glagah

Estetika Pantai Glagah tidak bisa terlepas dari eksistensi lagunanya yang berada di sepanjang pantai. Laguna ini dimanfaatkan untuk berjenis-jenis aktivitas air, seperti bermain perahu kayuh, kano, dan sampan kecil. Tak jauh dari lokasi pantai, kamu juga akan menemukan laman cagar tradisi Stupa Glagah yang diyakini ada semenjak abad ke-6 Masehi.

 

Selain bermain air, kamu juga bisa jalan-jalan di perkebunan sekitar pantai. Kebun hal yang demikian merupakan Agrowisata Kusumo Wanadri. Di sini, kamu bisa membeli dan menikmati buah naga segar di tengah teriknya sang surya. Memasuki petang, kamu bisa menikmati panorama menawan dan panorama sunset di tetrapod atau pemecah ombak di sekitaran pantai.

READ  Taman Wisata Mekarsari Wisata Bogor

 

  1. Pantai Bugel

Pantai Bugel merupakan destinasi baru di Kulon Progo. Pasalnya, pantai yang berada di Desa Bugel, Panjatan ini baru dibuka pada akhir 2017 lalu. Suasana sepi dan hening akan kamu rasakan semenjak pertama kali menginjakkan kaki di sini. Untuk menempuh lokasi pantai memang tidak gampang, karena kamu perlu melewati jalan curam. Melainkan, segala terbayar lunas ketika tiba di lokasi dan menikmati semilirnya angin.

 

Ombak di Pantai Bugel cukup besar, sehingga kamu tidak dianjurkan untuk berenang ke tengah laut. Pantai Bugel juga kerap kali diciptakan tempat berlabuh kapal nelayan, jadi kamu bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan dalam keadaan masih segar.