Reproduksi manusia tidak lepas dari berjenis-jenis pengerjaan yang terjadi di dalam tubuh, termasuk gametogenesis. Kelainan pada pengerjaan gametogenesis akan mengganggu pengerjaan produksi dan pengembangan sel-sel reproduksi.

 

Gamet yaitu sel yang tidak berpasangan, dan dibentuk untuk tujuan reproduksi. Gametogenesis mencakup pembentukan sel air mani dan sel telur. Pengerjaan gametogenesis pada wanita disebut dengan oogenesis, sedangkan pada laki-laki disebut dengan spermatogenesis.

 

Pengerjaan gametogenesis, baik oogenesis ataupun spermatogenesis, memiliki alur masing-masing. Jikalau terdapat gangguan pada level-level hal yang demikian, maka bisa menyebabkan abnormalitas sel kelamin seseorang. Ada sebagian hal yang bisa terjadi pada sel gamet dampak kelainan gametogenesis:

READ  Bahayanya Bila Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk

 

Kelainan morfologi

Pada keadaan ini, artinya terdapat kelainan format dari sel-sel reproduksi. Bentuk spermatozoa yang tak normal, umpamanya sel air mani yang memiliki 2 ekor atau 2 kepala, yaitu salah satu dampak kelainan gametogenesis pada pria. Sedangkan bisa ditemukan pada keadaan normal, tetapi jika jumlahnya melebihi 20%, maka bisa memengaruhi fertilitas atau kesuburan. Lalu pada wanita, kelainan morfologi bisa terjadi pada oosit yang gagal berkembang, dan tentunya akan menyebabkan gangguan dalam pembuahan.

 

Kelainan kromosom

READ  Jenis-jenis Anestesi

Kelainan kromosom terjadi saat meiosis berlangsung, tepatnya saat distribusi materi kromosom antara gamet. Kelainan kromosom terbagi dalam dua format, yaitu kelainan pada kromosom autosom dan kelainan pada kromosom seks.

 

Kelainan yang pada kromosom autosom bisa terjadi karena kekurangan kromosom menjadi 45 atau disebut monosomi, dan karena kelebihan kromosom menjadi 47 atau disebut trisomi, dari jumlah normal 46 kromosom yang yaitu paduan 23 pasang gen.

 

Sedangkan kelainan pada kromosom seks terjadi saat ada sel-sel yang tidak mendapatkan kromosom seks, sementara yang lain memiliki 2 kromosom seks, pada saat pembelahan.

READ  Obat Batuk Berdahak Alami

 

Adanya kelainan gametogenesis menjadi salah satu penyebab gangguan dalam pembuahan, serta pertumbuhan bayi dalam kandungan jika terjadi pembuahan. Kelainan gametogenesis juga termasuk salah satu penyebab utama keguguran dan gangguan kesuburan.

 

Jikalau terdapat riwayat adanya kelainan genetis dalam keluarga dampak kelainan gametogenesis, sebaiknya konsultasikan hal hal yang demikian ke dokter agar bisa dilaksanakan pemeriksaan dan penanganan yang pas, sebelum merencanakan kehamilan.