Surabaya memang sebuah kota yang amat menarik untuk dikunjungi. Anda bisa berkeliling kota seharian penuh dan masih merasa belum puas sebab tidak segala daerah liburan di Surabaya bisa Anda kunjungi dalam sehari.

 

Waktu liburan Anda di Surabaya habis dan merasa sedih? Hening. Setidaknya Anda bisa membeli 10 oleh-oleh khas Surabaya ini untuk dibawa pulang dan mengobati rasa kecewa Anda:

 

  1. Almond Crispy

Almond crispy merupakan jajanan yang sedang hits di Surabaya. Meski permulaan kemunculannya masih belum cukup lama, namun almond crispy sukses menjadi primadona oleh-oleh khas Kota Pahlawan ini. Jajanan ini terbuat dari telor, tepung, gula, susu bubuk juga keju dan almond sebagai topping. Biar malah bahannya cukup praktis dan simpel, namun rasa yang dibuat tidak boleh dianggap sepele.

 

Almond crispy terdiri dari tiga varian rasa utama merupakan original cheese, cokelat dan grean tea. Ketiganya sama lezat dan membikin Anda tidak akan stop mengunyah sejak gigitan pertama. Almond crispy yang amat tipis dan renyah ini sesuai sebagai sahabat minum teh atau kopi di sore hari.

 

Salah satu produsen almond crispy yang populer di Surabaya merupakan Tamasya Rasa yang berlokasi di Jalan Raya Jemursari No. 164.

 

  1. Saos Udang Bu Rudy

Ini ia oleh-oleh yang sesuai bagi Anda pecinta pedas. Saos Udang Bu Rudy banyak dicari oleh wisatawan, mereka biasanya membeli saos pedas kemasan ini dalam jumlah banyak sekalian. Menurut para pembelinya, Saos Udang Bu Rudy ini mempunyai cita rasa khas yang tidak ditemukan di saos pedas lainnya.

 

Silakan berkunjung ke salah satu cabang terbesarnya di Jalan Dharmahusada 140, Surabaya. Di sini, Anda bebas memilih bermacam variasi saos pedas mulai dari saos pedas udang, saos pedas bawang sampai saos pedas bajak. Saos-saos pedas ini dikemas dalam bermacam ukuran. Tersedia juga bandeng presto, bandeng asap juga udang dan ikan crispy.

 

  1. Spikoe Resep Kuno
READ  Pantai di Kulon Progo Ini Belum Banyak Diketahui Wisatawan

Spikoe Resep Kuno merupakan kudapan manis lapis lezat yang memakai resep kuno sehingga cita rasanya tidak berubah. Spikoe atau spiku terdiri dari tiga lapis merupakan kuning-cokelat-kuning dengan rasa manis dan bertekstur amat lembut sebab dalam proses pembuatannya memakai banyak telor.

 

Spikoe Resep Kuno merupakan pengembangan bisnis Keluarga Santoso. Pada tahun 1976, spiku buatan Nyonya Santoso amat berjaya, namun kemudian usaha ini tutup pada tahun 1982 sebab sebagian hal. Kemudian pada tahun 2002, Paulus Santoso yang merupakan buah hati tertua keluarga ini kembali membuka bisnis kudapan manis spiku dengan memakai resep turun temurun keluarganya.

 

Spikoe Resep Kuno yang beralamat di Jalan Rungkut Madya 41 ini terdiri dari dua paket merupakan reguler dan spesial. Paket spesial biasanya tersedia pada hari raya Idul Fitri, Natal dan Imlek. Kecuali itu, Spikoe Resep Kuno juga mendapatkan orderan untuk acara pernikahan, ulang tahun dan lain-lain.

 

  1. Keripik Ikan Kenjeran

Hasil laut yang melimpah di Pantai Kenjeran, Surabaya, membikin warga sekitarnya kreatif membikin bermacam olahannya. Salah satu hasil kreatifitas warga merupakan aneka kerupuk berbahan seafood.

 

Sekiranya Anda via Jalan Sukolilo atau kawasan sekitar Pantai Kenjeran, dari jauh Anda sudah bisa mengecup wewangian khas kerupuk yang dijual di sini. Keripik ini dijual dalam situasi mentah dan juga siap santap. Keripik terdiri dari bermacam warna sesuai dengan bahan utamanya seperti hitam untuk kerupuk cumi, hijau untuk kerupuk rumput laut dan cokelat untuk kerupuk kerang.

 

Sekiranya membeli kerupuk ini sebagai oleh-oleh, Anda tinggal memilih kerupuk dalam kemasan sesuai selera Anda. Untuk harga, biasanya kerupuk ini dibanderol 15.000 – 300.000 rupiah per kg.

 

  1. Guna-guna Snack

Siapa sangka kerupuk singkong dan kentang simpel bisa dikemas menarik dan sesuai dibuat oleh-oleh sepulang liburan dari Surabaya. Guna-guna Snack mampu menghadirkan sensasi berbeda pada jajanan ini. Silakan cicipi kerupuk singkong balado dan keriping kentang pedas manisnya yang pasti Anda tidak cukup makan satu bungkus.

READ  Oleh-oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

 

Tidak hanya kerupuk singkong dan kentang, Guna-guna Snack juga menyediakan baso goreng atau umum disingkat basreng, samosa, kerupuk buah naga serta aneka pastry lezat lainnya. Saat ini, Guna-guna Snack hanya mendapatkan orderan via BBM, twitter dan Whatsapp saja.

 

  1. Siropen Telasih

Surabaya ternyata mempunyai minuman khas yang menyegarkan, Siropen Telasih. Minuman ini sudah berdiri sejak 1923 dan dikelola oleh perusahaan milik Belanda, sampai kemudian jatuh ke Indonesia setelah mengalami pergantian kepemilikan sebagian kali.

 

Dahulu, hanya kaum bangsawan yang bisa menikmati Siropen Telasih ini. Minuman yang diproduksi di Jalan Mliwis ini tidak memakai pemanis buatan sama sekali. Hal inilah yang membikin Siropen Telasih mempunyai rasa yang khas dan enak. Minuman ini terdiri dari sebagian varian rasa seperti jeruk keprok, vanili, frambosen, mawar dan cocopandan.

 

Sekiranya mau membelinya sebagai oleh-oleh, Anda bisa memilih kemasan reguler atau premium. Pada kemasan premium, Siropen Telasih dikemas dalam botol serupa wine yang membuatnya terlihat mewah dan berkelas.

 

  1. Bunarendang

Bunarendang merupakan singkatan dari Burger Nasi Rendang. Wah, makanan variasi apa itu? Bunarendang merupakan makanan pesat saji dengan lauk rendang khas Padang beserta nasi yang disusun menyerupai burger. Burger yang biasanya memakai roti, di sini diubah memakai nasi yang dicetak seperti roti.

 

Bunarendang merupakan hasl kreasi dari sekelompok mahasiswa Institut Sepuluh Nopember (ITS). Mereka terinspirasi dari pamor rendang yang masuk ke dalam jajaran 50 masakan lezat di dunia versi CNN. Bunarendang bisa Anda peroleh di sebagian titik seperti di kawasan Manyar, Swalayan Sakinah ITS, Fakultas Ilmu Kultur Unair dan kawasan Dukuh Kupang.

 

Masakan ini dibuat memakai rendang basah. Hal ini membikin Bunarendang patut disantap secepatnya setelah diperkenalkan. Tapi hal ini tidak menjadi halangan kalau mau membawa Bunarendang sebagai oleh-oleh. Anda bisa menghangatkannya di microwave sesaat setelah sampai rumah dan segera menyantapnya selagi hangat.

READ  Tempat Makan Enak di Semarang yang Legendaris

 

  1. Abon Sapi Padmosusastro

Siapa yang bisa menolak kenikmatan abon sapi? Abon sapi amat enak disantap bersama nasi hangat. Sekiranya Anda penggemar abon sapi, cobalah datang ke Jalan Padmosusastro. Anda akan menemukan deretan penjual abon sapi lezat.

 

Tersedia abon dalam dua varian rasa merupakan pedas dan manis. Sekiranya kebingungan memilih, beli saja keduanya sebab dijamin Anda tidak akan menyesal. Abon sapi ini dikemas dalam bermacam ukuran. Kecuali membeli produk jadinya, Anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan abon sapi di sini.

 

  1. Jenang dan Sirop Mangrove

Sekiranya biasanya mangrove atau bakau hanya bisa Anda nikmati dengan sistem mengamati pohonnya, kali ini Anda bisa menikmatinya sebagai jenang dan sirup. Berterimakasihlah pada kategori petani mangrove di Jalan Sonnetaria, Rungkut. Berkat mereka, bunga mangrove bisa dioleh menjadi jenang lezat dan sirup segar.

 

Jenang mangrove ini berwarna cokelat dengan tekstur kenyal dan rasa legit. Jenang biasanya dibungkus dengan pelepah pisang kering. Untuk sirup mangrove, rasanya cenderung asam manis dan segar ketika diperkenalkan dingin. Sirop ini dipercaya mengandung vitamin A dan C serta yodium juga antioksidan yang bagus bagi tubuh.

 

  1. Kaos Cak Cuk

Sekiranya berdasarkan Anda oleh-oleh makanan tidak bisa bendung lama, cobalah membeli t-shirt khas Arek Suroboyo, Cak Cuk. Cak Cuk sendiri merupakan sebuah distro yang berdiri tahun 2005 dan eksis sampai ketika ini. Tidak berbeda dengan Joger dari Bali dan Dagadu dari Yogyakarta, Cak Cuk menawarkan desain kreatif dengan gambar dan artikel khas buah hati muda.

 

Produk Cak Cuk tidak hanya t-shirt, Anda juga bisa menemukan gantungan kunci, pin, mug dan juga tas. Supaya lebih mengetahui produk Cak Cuk ini, datang saja ke gerainya yang tersebar di sebagian titik di Surabaya. Gerai yang didominasi warna kuning dan biru ini salah satunya berlokasi di Jalan Dharmawangsa 35, Surabaya.