Perawatan gigi untuk sang buah hati sebenarnya dimulai ketika ia masih dalam kandungan. Dikala mengandung, agar kelak pertumbuhan gigi sang buah hati sehat, sebaiknya ibu mulai mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi vitamin dan mineral.

 

Ibu hamil dianjurkan untuk memeriksa kesehatan gigi untuk mengecek apakah memiliki gigi berlubang atau penyakit gusi.

 

Biasanya permulaan mulainya pertumbuhan gigi pada bayi ketika umur 6 bulan. Tetapi kadang ada yang lebih dari itu malah kurang karena tiap-tiap bayi memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda.

 

Kebanyakan pada ketika tumbuhnya gigi tidak disertai rasa sakit atau rasa yang tidak nyaman. Dikala gigi muncul karenanya gusi akan terlihat kemerahan dan sakit pada sebagian kasus. Sebagian pertanda sang buah hati tumbuh gigi merupakan sebagai berikut:

READ  Cara Mudah Mengobati Kulit Melepuh Akibat Terbakar Sinar Matahari

 

Acap berliur

Pertumbuhan gigi menstimulus pengeluaran air liur .

 

Acap menggigit

Gigi yang tumbuh tak jarang membikin bayi merasa tidak nyaman. Supaya nyaman, bayi akan mengigit apa saja, mulai dari mainan hingga puting susu.

 

Rewel

Mulut bayi akan terasa sakit ketika gigi kecilnya menekan zona gusi. Akhirnya, bayi merasa tidak nyaman yang menyebabkan rewel.

 

Nah, agar pertumbuhan gigi sang buah hati tetap bagus, alangkah pantasnya perhatikan hal-hal berikut ini:

 

Jangan menggunakan alat makan yang sama

Sebaiknya pisahkan alat makan seperti sendok, garpu, dan alat makan lainnya antara Anda dan sang buah hati. Bekas ludah Anda yang ketinggalan pada alat makan mengandung kuman penyebab gigi berlubang akan berpindah ke mulut sang buah hati. Akhirnya, sang buah hati malah akan mengalami gigi berlubang. Untuk mencegahnya, upayakan Anda senantiasa membersihkan gigi dengan menyikat atau membersihkannya minimal dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur malam.

READ  Penyakit Hewan Ternak Ini Bisa Menular Ke Manusia

 

Hentikan kebiasaan minum susu dari dot

Seandainya sang buah hati mulai berumur lebih dari 6 bulan, secara pelan, stop kebiasaan minum susu dari dot apalagi hingga bayi tertidur . Sisa-sisa susu yang menempel pada dot mengandung gula yang dapat menempel pada gigi sang buah hati.

 

Jaga kebersihan rongga mulut

Bersihkan rongga mulut sang buah hati selesai makan atau menyusui. Sesudah giginya tumbuh, gunakan sikat gigi khusus bayi (finger toothbrush) atau dapat mengunakan kain kasa dengan air hangat untuk membersihkan giginya. JIka anak telah beranjak besar dan dapat menyikat gigi, untuk kenyamanan dan kesehatan gigi & gusi si kecil, gunakan pasta gigi khusus untuk anak seperti pasta gigi khusus gigi susu. Serta ajak anak untuk kontrol ke dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

READ  Cara cuci tangan yang salah, namun sering kali dilakukan banyak orang

 

Jauhkan sang buah hati dari asap rokok

Rokok dan asap rokok tidak bagus untuk kesehatan, bagus bagi Anda ataupun sang buah hati. Asap rokok dapat menyebabkan gigi rusak dan penyakit gusi pada sang buah hati.