Secara umum, terdapat dua variasi obat batuk yang sering diaplikasikan merupakan obat batuk kering dan obat batuk bersputum. Faktanya, dari kedua variasi obat batuk tersebut, cuma obat batuk bersputum yang banyak dipasarkan bebas. Lantas, adakah bahan alami yang berguna sebagai obat batuk kering.

 

Batuk kering sendiri merupakan batuk yang tak menghasilkan lendir atau sputum. Ada sebagian hal yang bisa menyebabkan seorang mengalami batuk kering, mulai dari alergi, flu, mengisap rokok, polusi, terpapar debu, sampai gangguan medis tertentu, contohnya naiknya asam lambung, asma, dan sinusitis. Tapi dalam sebagian kasus, penyebab batuk kering pada sebagian orang masih belum bisa diketahui secara pasti. Selain menggunakan obat alami, Anda malahan dianjurkan melaksanakan hal-hal berikut untuk meringankan gejala batuk kering:

READ  Berbagai Fungsi Vitamin untuk Kesehatan

 

Memakai pelembap udara (air humidifier)

Memakai humidifier merupakan sistem lain untuk mengurangi batuk kering. Menghirup udara yang telah dilembapkan telah rupanya sanggup meredakan batuk, menghilangkan rasa gatal di tenggorokan, dan memperlancar saluran pernafasan Anda.

 

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup bisa menjadi salah satu sistem meringankan gejala batuk kering. Beberapa ini dikarenakan dikala Anda beristirahat, daya di tubuh akan disalurkan ke sistem kekebalan tubuh untuk menolong melawan virus, salah satu penyebab batuk kering. Oleh maka, Anda dianjurkan untuk beristirahat yang cukup dikala sedang mengalami batuk kering.

READ  Kotak P3K Untuk Keadaan Darurat Gigi

 

Menghindari faktor penyebab batuk kering

Untuk menolong meringankan gejala batuk kering, Anda juga dianjurkan untuk menghindari faktor penyebab batuk kering. Sekiranya hal pemicu alergi dan iritasi mulai dari paparan asap rokok, debu, mengisap rokok, gorengan, sampai minuman menandung alkohol dan kafein sebaiknya dihindari untuk mencegah batuk kering.

 

Tapi sistem di atas belum sanggup meringankan gejala batuk kering, Anda bisa mencoba obat batuk medis yang mengandung antitusif atau penekan refleks batuk. Obat batuk variasi inilah yang sering diaplikasikan untuk meredakan batuk kering. Tapi, jika batuk kering tak sirna dalam sebagian minggu, segeralah periksakan diri ke dokter.

READ  Alasan Obat Maag Harus Dikunyah Dulu