Bicara perihal Jogja pasti tidak lepas dengan liburan adat istiadat, karena Jogja mempunyai banyak bangunan tua bersejarah yang eksotis. Tetapi siapa sangka kota yang menjadi salah satu tujuan liburan favorit para turis ini juga mempunyai banyak pantai yang sayang untuk dilewatkan, terutamanya bagi Anda yang sudah menyiapkan hari khusus untuk bertamasya di Jogja bersama keluarga atau kawan tercinta. 10 pantai di Gunungkidul, Jogja tersebut antara lain:

 

  1. Pantai Baron

Pantai Baron terletak di kabupaten Gunungkidul. Untuk masuk ke Pantai Baron ini nanti Anda akan dipinta membayar sebesar 5000 Rupiah dan biaya parkir untuk kendaraan beroda empat atau motor sebesar 1000 hingga 2500 Rupiah. Pemandangan yang masih natural adalah salah satu keunggulan dari pantai ini

 

Para pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu mereka dengan bermain dan berbasah-basahan di laut. Tidak perlu kuatir terseret ombak, karena pihak pengelola sudah memberikan pembatas untuk menandai wilayah mana saja yang masih aman dikunjungi. Ombak di pantai ini yang cukup menantang juga digemari oleh para peselencar.

 

  1. Pantai Drini

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Meskipun istimewa dari Pantai Drini adalah sebuah pulau kecil di tengah-tengah pantai. eksistensi pulau kecil ini seolah membuat Pantai Drini terbagi menjadi dua bagian.

 

Di sisi timur pantai terdapat barisan tebing yang berdiri kokoh bak benteng yang menghadang ombak dipadukan dengan keindahan pulau karang, airnya yang lebih tenang memungkinkan bagi Anda untuk berenang. Sebagian di sisi barat, Anda bisa melihat jajaran perahu bercadik yang pulang dari berlayar mencari ikan. Ombak yang besar membuat perairan di barat ini tampak lebih ganas.

READ  Hutan Tertua Pulau Jawa yang Penuh Misteri

 

  1. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan familiar sebagai salah satu spot snorkeling baru yang banyak diminati di pulau Jawa. Di Pantai Sadranan terdapat tempat penyewaan yang diketahui dengan nama ‘Sadranan Snorkeling’ untuk Anda yang berkeinginan menyewa peralatan snorkeling.

 

Pantai Sadranan adalah rumah dari beberapa spesies laut menarik seperti Ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan masih banyak spesies lain yang menunggu kedatangan Anda. Waktu terbaik untuk menjalankan snorkeling di pantai ini adalah pada pagi, tengah, atau petang hari memasuki matahari terbenam.

 

  1. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran adalah pantai yang mempunyai kisah mistis yang kental. Kisah mistis tersebut menyebutkan perihal Prabu Brawijaya V. Pantai ini rutin dipakai sebagai lokasi upacara adat masyarakat sekitar.

 

Bila spot menarik yang bisa dinikmati di Pantai Ngobaran adalah Bukit Karang, Candi Pemujaan, dan Patung Dewa. Hingga Anda hendak mengunjungi pantai ini, ada satu tempat liburan kuliner yang patut Anda coba, adalah “landak goreng”. Landak Goreng di Pantai Ngobaran sudah sangat tersohor sebagai kuliner andalan.

 

  1. Pantai Siung

Pantai Siung adalah satu-satunya pantai di Jogja yang mempunyai medan untuk liburan panjat tebing. Di pantai ini Anda akan disuguhi pemandangan batu karang raksasa yang berdiri kokoh di sisi timur dan barat pantai.

 

Malah saat ini Pantai Siung mempunyai 250 trek pemanjatan dengan tingkat kesusahan yang berbeda-beda. Keindahan Pantai ini mendapatkan julukan sebagai “the best rock climbing site in Jogja”. Pantai Siung adalah pantai yang sangat ideal untuk moncoba sensasi mendaki. Dari atas bebatuan karang yang kokoh ini Anda bisa merasakan pemandangan laut lepas yang lain dari biasannya.

READ  Tempat Wisata di Batu Malang yang Sayang Dilewatkan

 

  1. Pantai Kesirat

Berbeda dengan pantai di wilayah Gunung Kidul lainnya, Pantai Kesirat adalah pantai yang tidak mempunyai keindahan pasir putih yang luar biasa. Mau Pantai Kesirat berupa tebing karang yang kokoh dan bunyi deburan ombak kencang yang menghantam sisi karang.

 

Bagi Anda yang berkeinginan berkemping, sangat sesuai untuk datang ke pantai ini karena pantai ini tidak terlalu padat dan sangat bersih. Anda bisa merasakan jingga senja sembari bercengkrama dengan kawan-kawan tercinta.

 

  1. Pantai Jogan

Meskipun merasakan keindahan air terjun yang berada di tepi pantai? Datang ke Pantai Jogan adalah alternatif yang paling ideal. Sama seperti Pantai Banyu Tibo di Pacitan, Pantai Jogan adalah sebuah pantai yang mempunyai air terjun sangat cantik.

 

Pantai Jogan mempunyai tebing-tebing membumbung khas pegunungan kapur, Air terjun yang terdapat di pantai ini jatuh dari atas tebing lantas menuju laut. Di sini, selain merasakan cantiknya pantai dan deburan ombak. Anda juga bisa merasakan guyuran air terjun yang segar. Kecuali mempunyai keindahan yang unik, sayangnya pantai ini sering luput oleh perhatian para pelancong.

 

  1. Pantai Krakal

Hakekatnya Pantai Baron, Pantai Krakal adalah salah satu tempat liburan pantai yang familiar di Gunungkidul. Pantai Krakal mempunyai pasir putih yang cantik dan batuan karang yang membingkai bibir pantai. Untuk merilekskan pikiran, Anda bisa berjalan menyusuri pantai bertelanjang kaki sambil merasakan deburan ombak yang merdu.

READ  Oleh-oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

 

Batuan karang yang membingkai bibir Pantai Krakal adalah rumah bagi para biota laut seperti Ikan damselfish, butterfly fish, bintang laut, dan ikan-ikan lainnya. Bagi Anda yang gemar menaklukan ombak bisa mencoba berselancar di Pantai Krakal, karena pantai ini mempunyai ombak yang cukup menantang dengan spot selancar yang cukup berjenis-jenis.

 

  1. Pantai Indrayanti

Dibandingi saat ini Pantai Indrayanti lebih diketahui dengan nama Pantai Pulsa atau Pulang Sawal. Kecuali ini karena nama Indrayanti sendiri sebelumnya sudah menuai kontroversi. Pantai Indrayanti tampak lebih bersih dan terawat, bila diperbandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di sekitar kota Jogja.

 

Bagi Anda pecinta olahraga air bisa mencoba permainan jet ski yang sudah disediakan di sana, sedangkan bagi Anda yang berkeinginan suasana lebih santai bisa merasakan senja di gazebo pantai ini, atau berjalan menyusuri bukit karang untuk menyaksikan keindahan Samudra Hindia.

 

  1. Pantai Glagah

dengan pantai di Jogja lainnya, Pantai Glagah terbilang unik karena mempunyai permukaan tanah yang cukup datar dan landai. Hakekatnya hamparan pasir putih yang cantik, anda juga bakal dimanjakan dengan cantiknya bukit karang yang berdiri kokoh di tempat pesisir.

 

Ada beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan di Pantai Glagah, seperti semisal liburan air dan tentu saja yang utama adalah merasakan pemandangan natural yang tersedia di tempat liburan ini. Salah satu keunikan pantai ini yang tersohor adalah laguna yang berada sekitar 300 meter dari dermaga. Laguna di Pantai Glagah tidak banyak dimiliki oleh pantai-pantai lain di Jawa Tengah.