Protein merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan untuk metabolisme dan kesehatan tubuh. Nutrisi yang satu ini bisa didapatkan dari makanan, bagus dari sumber hewani maupun nabati (berasal dari tumbuh-tumbuhan). Bila kekurangan gizi ini, tubuh jadi gampang sakit. Memangnya, apa fungsi zat ini? Dan dari makanan apa saja gizi yang satu ini bisa didapatkan?

 

Nutrisi ini berfungsi untuk membangun sel serta jaringan dalam tubuh. Selain itu, zat gizi ini berperan untuk meningkatkan metode imun, membenarkan sel yang rusak, serta terdapat di berjenis-jenis bagian tubuh, seperti kulit, tulang, otot, dan rambut.

 

Zat gizi ini juga bertanggung jawab untuk menciptakan enzim serta hormon yang digunakan untuk menjaga fungsi tubuh supaya tetap sehat dan tak gampang sakit.

 

Bila gizi ini masuk ke dalam tubuh, nantinya akan dicerna dan dipecah menjadi asam amino. Sebetulnya, asam amino bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh tanpa perlu adanya makanan yang masuk. Asam amino yang diproduksi oleh tubuh dinamakan asam amino non-esensial. Segera, kenapa manusia tetap wajib makan makanan yang mengandung protein?

 

Meskipun bisa menciptakan asam amino sendiri, tubuh juga membutuhkan macam asam amino lain yang tak bisa diproduksi oleh tubuh. Asam amino ini disebut dengan asam amino esensial. Dari mana asam amino esensial didapatkan? Dari konsumsi makanan yang mengandung protein hewani dan nabati.

READ  Efek Stres Jangka Panjang Terhadap Jantung

 

Dari mana zat gizi ini bisa didapatkan?

Sumber makanan hewani

Asam amino yang ada di dalam protein hewani merupakan asam amino esensial yang lengkap, dan strukturnya hampir mirip dengan asam amino yang ada di tubuh. Sementara itu, makanan yang mengandung protein nabati tak mempunyai asam amino esensial yang selengkap seperti asam amino dari protein hewani. Itu sebabnya, nilai penyerapan asam amino yang lebih bagus merupakan yang berasal dari sumber makanan hewani. Apa saja makanan dari sumber hewani yang bagus Anda makan?

 

Protein Nabati dan Protein Hewani, Manakah yang Lebih Bagus?

 

  1. Telur ayam

 

Telur merupakan salah satu sumber makanan hewani yang mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan. Satu telor ayam mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.

 

  1. Daging ayam dan sapi tanpa lemak

 

Dada ayam sungguh-sungguh gampang untuk dimasak, dengan catatan Anda kapabel memasaknya dengan benar. Kadar protein yang terkandung dalam 1 dada ayam tanpa kulit sebanyak 53 gram dan daging sapi 22.

READ  Macam-macam Terapi yang dilakukan Dokter Rehabilitasi Medis

 

  1. Keju cottage

 

Keju cottage merupakan macam keju yang terbuat dari susu sapi serta cenderung sungguh-sungguh rendah lemak dan kalori. Keju ini mengandung kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, vitamin B2 dan berjenis-jenis gizi lainnya. Secangkir keju cottage dengan 2% lemak menganduk 27 gram protein dan 194 kalori.

 

4  Yogurt dan susu

 

Yogurt dan susu merupakan makanan yang rasanya lezat, mempunyai tekstur lembut, dan kaya gizi. Yogurt seberat 170 gram mengandung 17 gram protein dan 100 kalori. Meskipun secangkir susu dengan lemak 1 persen mengandung 8 gram protein.

 

  1. Ikan tuna

 

Ikan tuna mempunyai lemak dan kalori yang rendah sehingga bagus dikonsumsi. Seperti ikan lainnya, tuna mengandung gizi yang kaya akan lemak omega-3. Dalam 1 ons ikan tuna mengandung 30 gram protein dan 157 kalori.

 

Sumber makanan nabati

Tak keok dari sumber makanan yang didapatkan dari binatang, sumber protein dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang kedelai, kacang merah, dan berjenis-jenis kacang-kacangan lainnya juga dianggap kapabel untuk menurunkan risiko terkena penyakit diabetes melitus macam 2, menjaga berat badan, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Dapat didapatkan darimana saja zat gizi ini?

READ  Penderita Maag Tidak Boleh Makan Makanan Tinggi Lemak

 

  1. Kacang almond

 

Almond merupakan salah satu macam kacang yang paling populer karena mengandung gizi penting termasuk serat, vitamin E, mangan dan magnesium. Kadar protein yang ada pada kacang almond sebanyak 6 gram per 1 ons.

 

  1. Gandum

 

Gandum juga termasuk makanan paling sehat karena banyak mengandung serat bagus, magnesium, mangan, vitamin B1 dan sebagian gizi lainnya. Kadar protein yang terkandung dalam gandum mentah merupakan 13 gram dan 303 kalori.

 

  1. Lentil

 

Lentil merupakan salah satu sumber makanan bergizi yang tiap cangkirnya mengandung 18 gram protein, memberi asupan 230 kalori. Selain itu, lentil merupakan sumber yang bagus dari serat dan mineral seperti zat besi, fosfor, thiamin, dan folat.

 

  1. Brokoli

 

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung 2,8 gram protein di tiap cangkirnya. Selain itu, brokoli kaya akan vitamin C dan K yang bisa mengurangi risiko kanker.