Tidak cuma debu atau alergi terhadap sesuatu, serangan asma dapat terjadi akibat olahraga. Ya, asma dikala olahraga kerap kali terjadi dan tidak dikira-sangka. Sedangkan semacam itu, hakekatnya olahraga dapat jadi salah satu pengobatan opsi bagi orang dengan asma, supaya mengurangi gejalanya.

 

Malahan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal, membuktikan bahwa melaksanakan olahraga rutin selama 12 pekan dapat membikin gejala asma lebih terkontrol.

 

Tentu saja, serangan asma dikala olahraga dapat dicegah kok. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah asma dikala olahraga. Yuk ikuti, supaya olahraga hening dan tubuh malah bugar. Kiat mudah mencegah asma dikala olahraga :

 

  1. Kendalikan asma dengan bagus

Mungkin Anda telah tahu seandainya asma ialah penyakit kambuhan yang tidak dapat disembuhkan. Sedangkan semacam itu, Anda tetap dapat mencegah asma kumat. Nah, supaya tidak terjadi serangan asma dikala olahraga, Anda patut memutuskan bahwa penyakit ini terkendali dengan bagus.

READ  Cara Yoga yang Wajib Diketahui Pemula

 

Kendalikan penyakit asma yang Anda miliki dengan mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dengan rutin. Ingat, beberapa obat memang dianjurkan untuk diminum rutin.

 

Nah, metode mencegah asma dikala olahraga lainnya ialah dengan menghindari bermacam pemicunya. Ya, dari mulai debu, udara dingin, asap rokok, sampai polusi udara.

 

Alih-alih melaksanakan olahraga di luar ruangan yang dingin, berdebu, dan penuh dengan polusi, Anda dapat berolahraga di dalam ruangan. Jangan lupa untuk memutuskan bahwa ruangan yang Anda gunakan untuk olahraga bersih dari debu dan udaranya cukup bersih.

 

  1. Tutup mulut dan hidung dikala berolahraga di cuaca dingin

Ingat, asma dapat kumat seandainya Anda menghirup udara yang dingin dan kering. Menutup mulut dan hidung akan Anda menghambat udara dingin untuk masuk ke saluran nafas.

 

Anda dapat menerapkan selendang atau masker. Trik ini akan menjaga udara di sekitar mulut dan hidung Anda tetap hangat dan lembab.

 

  1. Jangan lupa pemanasan dulu
READ  Tanda Anda Mengalami Kekerasan Emosional Dalam Hubungan Asmara

Banyak yang menyepelekan pemanasan sebelum olahraga. Sedangkan pemanasan dialamatkan untuk membikin tubuh siap dan tidak kaget dikala berolahraga. Hal ini penting dijalankan oleh siapa saja, termasuk Anda yang memiliki penyakit asma.

 

Pasalnya, pemanasan ialah salah satu metode mencegah asma dikala olahraga. Diawali dari jalan perlahan kemudian dilanjutkan dengan lari-lari kecil selama 30 detik dan istirahat 60 detik. Anda dapat melaksanakan hal ini 2-3 kali.

 

Pemanasan sebelum olahraga dapat dijalankan selama 5-10 menit, tergantung dengan keadaan tubuh masing-masing.

 

  1. Pilih variasi olahraga yang pantas

Supaya asma tidak kumat dikala olahraga, pilih variasi olahraga yang pantas, ialah yang tidak membikin Anda terengah-engah.

 

Sebagian olahraga membikin Anda bernapas lebih pesat dibandingkan olahraga lainnya, seumpama lari jarak jauh, basket, dan sepakbola. Semakin pesat nafas Anda, karenanya kemungkinan asma kumat malah kian tinggi.

 

Sementara itu, olahraga yang aman bagi Anda seperti sprint, baseball, voli, angkat beban, gulat, golf, voli, dan yoga. Tipe olahraga tersebut berlangsung singkat sehingga Anda tidak perlu terlalu kerap mengambil nafas dan memberikan Anda peluang untuk mengatur nafas.

READ  Kelelahan Biasa Atau Gejala Depresi, Kenali Perbedaannya

 

  1. Biasakan menarik nafas melalui hidung dikala berolahraga

Pada biasanya, dikala berolahraga, orang-orang kerap kali menarik nafas melalui mulut. Memang, menarik nafas dengan mulut akan menarik jumlah udara yang lebih banyak dibandingkan menarik nafas melalui hidung.

 

Melainkan berbeda dengan hidung, mulut tidak memiliki rambut-rambut dan rongga sinus seperti hidung yang menolong menghangatkan dan melembabkan udara yang masuk.

 

Dengan membiasakan menarik nafas melalui hidung, Anda akan menjaga udara yang terhirup tetap hangat dan lembab sehingga Anda terhindar dari kumatnya asma.

 

  1. Lakukan persiapan sebelumnya

Sedangkan Anda dapat mencegah asma dikala olahraga, sebaiknya tetap siapkan nebulizer dan inhaler dikala Anda berolahraga. Jikalau Anda takut untuk mengawali olahraga karena asma yang Anda miliki, lebih bagus konsultasi dan diskusikan hal ini pada dokter.