Berencana ke Semarang dalam waktu dekat ini? Dengan tujuan bertamasya atau lainnya, datang ke Semarang bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk melepaskan diri sejenak dari segala rutinitas sehari-hari. Mau ke mana saja selama di Semarang?

 

Jika Anda telah menyiapkan daftar panjang daerah liburan apa saja yang akan dikunjungi nanti, tak ada salahnya menambah daftar Anda dengan 10 daerah liburan kuliner di Semarang yang populer berikut ini:

 

  1. Waroeng Semawis

Waroeng Semawis atau yang dikenal juga dengan Pasar Semawis adalah pasar malam populer yang terletak di wilayah pecinan, Semarang. Pasar Semawis yang hanya buka malam hari pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu ini menyediakan banyak hidangan lezat khas nusantara dan oriental.

 

Bagi pengunjung muslim, sebaiknya lebih berhati-hati karena sebagian makanan di daerah liburan kuliner ini berbahan daging babi. Selain sebagai daerah liburan kuliner, Pasar Semawis juga menjadi lokasi penjual mainan si kecil-si kecil, pakaian dan aksesoris menggelar dagangannya.

 

  1. Restoran Pesta Keboen

Tempat liburan kuliner dengan konsep jaman dahulu kini ini sedang diminati banyak pengunjung, termasuk Restoran Pesta Keboen. Restoran yang terletak di Jalan Veteran 29 ini memang memperlihatkan suasana tempo dahulu yang terlihat terang dari bentuk bangunan dan desain interiornya.

 

Restoran Pesta Keboen memiliki area indoor dan outdoor, keduanya sama-sama menawarkan kelebihan. Outdoor menjadi daerah yang pantas bagi Anda yang merokok dan berkeinginan mengamati pemandangan luar. Untuk indoor, Anda bisa merasakan koleksi benda-benda antik yang dipajang di dalam ruangan selagi menunggu pesanan Anda siap didampingi ke meja.

 

Tempat liburan kuliner ini juga menyediakan fasilitas lain bagi keluarga yang datang seperti adanya arena permainan si kecil. Selain itu, pada hari-hari tertentu, pengunjung bisa merasakan pertunjukan live music.

READ  Wisata Thailand – Phuket

 

  1. Rumah Makan Kampung Laut

Rumah Makan Kampung Laut adalah daerah liburan kuliner sekaligus kolam pemancingan yang terletak di Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang. Rumah makan ini juga dilengkapi dengan arena permainan si kecil yang berisi wahana sederhana seperti ayunan, papan seluncur dan jungkat-jungkit.

 

Beragam sajian bisa Anda nikmati mulai dari olahan seafood, iga sapi sampai ayam. Untuk mendapatkan suasana makan yang berbeda, pilihlah makan di saung-saung yang mengapung sekaligus merasakan pemandangan kolam pemancingan di sekitarnya.

 

  1. Angkringan Gaul Ampiran 3

Ini dia angkringan dengan konsep lebih ‘si kecil muda’. Menu yang diberi tahu di Angkringan Gaul Ampiran 3 ini tak jauh berbeda dengan angkringan pada lazimnya adalah nasi kucing juga aneka sate dan gorengan. Situasi harga bahkan sama terjangkaunya.

 

Lalu apa yang membuat angkringan ini istimewa? Angkringan ini menjadi lokasi unggulan si kecil muda Semarang berkumpul karena tersedianya fasilitas free WiFi dan pertunjukan live musik. Tempat liburan kuliner yang terletak di Jalan Durian Raya 29C, Banyumanik, Semarang, ini tentulah bukan angkringan biasa.

 

  1. Bebek Goreng Pak Thori

Sajian bebek goreng memang tak kalah diminati dari ayam goreng ketika ini. Bebek juga punya banyak penggemar yang rela mencari daerah liburan kuliner yang sanggup memperkenalkan olahan nikmatnya. Jika Anda penggemar bebek dan sedang berada di Semarang, sempatkan mampir ke Bebek Goreng Pak Thori di Jalan Raya Gunungpati KM 15.

 

Tempat liburan kuliner ini sanggup mengolah bebek dengan sungguh-sungguh bagus sehingga daging bebek terasa empuk, gurih dan tak berbau amis. Selain bebek, sebagian menu lain juga tersedia seperti ayam goreng, lele goreng, dan nasi goreng. Semuanya diberi tahu dengan sambal yang bisa Anda pilih pantas selera, merah untuk pedas sedang dan hijau untuk tingkat kepedasan yang lebih tinggi.

READ  Keindahan Panorama Berbalut Legenda

 

  1. Bakmi Jawa Pak Gareng

Penggemar bakmi patut datang ke Jalan Wot Gandul Dalam, Semarang. Bakmi Jawa Pak Gareng memperkenalkan bakmi dalam dua opsi, masak goreng dan masak kuah. Keduanya tentu sama lezat. Nikmati hidangan mie yang dilengkapi dengan ayam suwir, telor, sawi dan kol. Tersedia juga aneka sate yang sanggup menambah selera makan Anda.

 

Selain bakmi, menu populer lainnya adalah nasi ruwet. Nasi ruwet sebetulnya adalah nasi goreng yang dicampur dengan mie, tapi karena tampilannya yang bercampur jadi satu, orang menyebutnya nasi ruwet. Satu lagi yang istimewa, segala menu di sini dimasak dengan menerapkan arang sehingga rasa yang dihasilkan bahkan berbeda dan lebih enak.

 

  1. Soto Bangkong

Soto memang banyak variannya di tiap-tiap daerah, termasuk di Semarang. Soto Bangkong yang terletak di Jalan Brigjen Katamso (dahulu bernama Jalan Bangkong) ini telah berdiri sejak tahun 1950an. Sebelumnya, soto dijajakan dengan sistem dipikul berkeliling, sampai kesudahannya menetap di daerah yang diterapkan kini ini.

 

Soto Bangkong memang terlihat sederhana dengan perpaduan antara bihun, kuah, ayam suwir, irisan bawang dan taburan bawang goreng. Meskipun terlihat sederhana, tapi rasa yang dihasilkan sungguh-sungguh lah luar biasa. Selain soto, daerah liburan kuliner ini juga memperkenalkan ayam goreng dan garang asam.

 

  1. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Siapa bilang kuliner lezat hanya bisa didapatkan di resto mewah dan mahal? Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini menjadi bukti bahwa kios kemah sederhana sanggup memperkenalkan kuliner lezat kelas satu.

READ  Tempat Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib Dicoba

 

Gulai kambing ala Bustaman emmeang berbeda dari gulai kambing kebanyakan. Jika lazimnya gulai dimasak dengan menerapkan santan sehingga mewujudkan kuah kental gurih, ini tak terjadi pada Gulai kambing ala Bustaman. Kelapa tak dihasilkan santan, tapi diparut, disangrai kering kemudian ditumbuk halus bersama bumbu-bumbu lainnya. Alhasil? Kuahnya bening segar dan akan membuat Anda ketagihan.

 

Letaknya yang berada di belakang Gereja Blenduk di wilayah kota tua mewujudkan daerah liburan kuliner ini mudah dijangkau. Tempat liburan kuliner di Semarang ini buka mulai pukul 08:00 sampai 16:00 dan menempuh puncak keramaian pada jam makan siang.

 

  1. Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

Rumah Makan Asem-asem Koh Liem memperkenalkan hidangan rumahan sederhana, tapi lezat. Menu yang diberi tahu bahkan sederhana saja seperti bandeng sarden, kikil lombok ijo dan lontong cap gomeh. Tapi ada satu menu andalannya adalah asem-asem.

 

Asem-asem sebetulnya mirip dengan garang asam, hanya saja kuliner ini menerapkan daging sapi potong dadu yang dimasukkan ke dalam kuah manis asam segar. Rasa asam ini dihasilkan dari belimbing wuluh dan potongan tomat. Jangan lupa mampir ke rumah makan yang terletak di Jalan Karang Anyar ini untuk bisa merasakan kesegaran asem-asem di tengah panasnya udara Semarang.

 

  1. Mie Siang Kie

Mie Siang Kie memperkenalkan mie pangsit isi daging babi yang menjadi unggulan banyak pecinta daging babi. Tempat liburan kuliner yang terletak di Gang Lombok ini piawai meramu resep mie pangsit sehingga mewujudkan perpaduan rasa yang pas antara mie, kuah kaldu, ayam suwir, sawi rebus dan pangsit isi daging babi.