Menjadi seorang vegetarian saat ini sudah menjadi popularitas di masyarakat. Bagi banyak orang, menjadi vegetarian ialah salah satu cara untuk menerima tubuh yang sehat dan terbebas dari bermacam-macam variasi penyakit. Selain itu, menjadi vegetarian juga akan membuat Anda mempunyai berat badan yang pas.

 

Melainkan, berdasarkan sebuah penelitian, seorang wanita yang menjalani gaya hidup vegetarian saat hamil benar-benar berisiko melahirkan bayi prematur. Benarkah demikian? Langsung, apakah seorang vegetarian wajib meninggalkan gaya hidup ini saat sedang hamil? Simak ulasannya.

 

Mengapa vegetarian berisiko melahirkan bayi prematur?

Menurut penelitian yang dilaksanakan oleh Norwegian University of Science and Technology dan Akershus University Hospital di Oslo, ibu hamil yang kekurangan vitamin B12, meningkatkan risiko melahirkan bayi prematur sebanyak 21%.

 

Kekurangan vitamin B12 ini ditemukan pada ibu hamil yang tak mengonsumsi makanan hewani atau produk olahan hewani.  ini biasanya terjadi pada seorang vegan, yang tak mengonsumsi daging, susu, telor, madu atau apa saja yang dibuat dari hewan.

READ  Ibu Hamil Tak Boleh Minum Susu Mentah

 

Ada beberapa gizi yang benar-benar penting bagi ibu hamil ialah zat besi dan vitamin B12. Zat besi dibutuhkan sebagai pembentuk sel-sel darah merah, pembawa oksigen ke segala tubuh Anda dan juga bayi.

 

Bila kekurangan zat ini, Anda bisa merasa pusing, lemah, lelah, dan pucat. Anda berisiko melahirkan bayi prematur yang mempunyai berat badan rendah serta menderita anemia pengaruh defisiensi zat besi.

 

Vitamin B12 juga berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah, sekalian memelihara cara syaraf tetap sehat dan mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan ibu hamil. Kekurangan vitamin ini saat hamil bisa meningkatkan risiko Anda melahirkan bayi cacat.

 

Sayangnya, kedua gizi ini lebih banyak ditemukan pada makanan hewani seperti ikan dan daging.  inilah yang menyebabkan seorang vegan lebih berisiko melahirkan bayi prematur. Bagaimana dengan seorang vegetarian? Vegetarian masih bisa menerima asupan vitamin B12 dari produk olahan susu atau telor, makanan ini bisa mencukupi kebutuhan vitamin B12 Anda.

READ  Ibu Hamil Makan Makanan Berlemak

 

Bagaimana kiat hamil sehat sekiranya Anda seorang vegetarian?

Jangan cemas, sekiranya Anda sudah terbiasa dengan gaya hidup vegetarian dan tak bisa meninggalkannya, Anda masih bisa menyiasati hal ini dengan memandang makanan yang Anda makan dan pastikan memenuhi kebutuhan Anda saat hamil. Langsung, darimana para vegetarian bisa mencukupi kebutuhan gizi hal yang demikian?

 

  1. Zat besi

Anda bisa mengonsumsi sayuran berwarna hijau, buah-buahan kering, kacang-kacangan, roti gandum utuh, sereal yang difortifikasi zat besi, atau telor (sekiranya Anda variasi vegetarian yang masih mengonsumsinya).

 

  1. Vitamin B12

Bila Anda masih memperkenankan produk sampingan hewani seperti susu, keju dan telor, Anda bisa menyertakan asupan ini dalam diet. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sereal dan minuman kedelai yang difortifikasi oleh vitamin B12. Mengingat variasi makanan vitamin B12 untuk vegetarian sedikit, Anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan yang mengandung vitamin ini.

READ  Cara mengatasi trauma melahirkan

 

  1. Asam folat

Ada beberapa variasi makanan tinggi asam folat yang bisa Anda konsumsi seperti kacang tanah, bayam, asparagus, jeruk, atau sereal yang difortifikasi asam folat.

 

  1. Vitamin D dan kalsium

Vitamin D bisa Anda temukan pada keju, kuning telor, serta produk makanan yang difortifikasi vitamin ini seperti sereal, jus jeruk, atau susu kedelai. Vitamin D juga bisa Anda temukan dari paparan sinar sang surya lantas pada kulit. Untuk mendapat kalsium, Anda bisa mengonsumsi susu, keju, yogurt, bayam, sawi, susu kedelai, tahu, tempe, dan kacang merah.

 

Pastikan tiap harinya Anda mengonsumsi gizi hal yang demikian. seorang  vegetarian yang sedang hamil juga dianjurkan untuk menjalani beberapa tes darah selama kehamilan guna mengetahui kadar zat besi pada tubuh.

 

Bila kadar zat besi pada tubuh rendah, dokter mungkin memberi masukan Anda untuk mengonsumsi suplemen zat besi.  ini bisa menurunkan risiko seorang vegetarian melahirkan bayi prematur.