Minyak zaitun lazimnya diaplikasikan sebagai campuran makanan. Namun tidak cuma itu, minyak zaitun juga mempunyai beragam manfaat untuk ibu hamil (bumil) yang sayang untuk dilewatkan.

 

Minyak zaitun mengandung beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, vitamin E, dan zinc. Kandungan minyak zaitun inilah yang bermanfaat untuk merawat kulit, mengatasi migrain, mengobati penyakit jantung, dan stroke. Sebagian manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yaitu:

 

Menyamarkan stretch mark

Stretch mark yaitu situasi munculnya guratan berwarna kemerahan pada perut, lengan atas, paha, atau bokong, yang umum terjadi saat hamil. Stretch mark lazimnya disebabkan oleh perenggangan kulit akibat bertambahnya berat badan. Untuk menyamarkan stretch mark, Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun bisa menolong memudarkan stretch mark.

READ  Insomnia Bisa Meningkatkan Risiko Keinginan untuk Bunuh Diri

 

Merawat kulit kering

Salah satu perubahan jasmaniah yang mungkin dirasakan ibu hamil yaitu kulit kering, yang disebabkan oleh perubahan hormon. Untuk mengatasi hal ini, Bumil bisa menerapkan pelembap yang mengandung minyak zaitun. Dengan rutin menerapkan pelembap berbahan dasar minyak zaitun, karenanya Bumil akan terhindar dari kulit kering.

 

Menghilangkan kutu rambut

Kutu rambut pada Bumil bisa dibasmi menerapkan minyak zaitun. Campurkan 15-20 tetes minyak esensial dengan 4 sendok makan minyak zaitun. Oles merata ke kulit kepala dan rambut, lalu bungkus kepala menerapkan penutup kepala (shower cap) dan biarkan sampai pagi hari. Setelah itu, cuci rambut dengan sampo sampai bersih. Bumil bisa melaksanakan hal ini setiap tiga hari sekali sampai kutu benar-benar sirna.

READ  Waktu Pacaran yang Ideal Sebelum Menikah

 

Meringankan kram kaki

Kram kaki pada Bumil yaitu hal yang wajar. Ini lazimnya disebabkan oleh kenaikan berat badan, sehingga terjadi tekanan pada pembuluh darah. Untuk meringankan kram kaki yang Bumil rasakan, gunakan minyak zaitun sebagai minyak gosok. Caranya yaitu dengan mencampur 6 sendok teh minyak zaitun dengan 15 tetes minyak esensial (minyak lavender atau camomile). Setelah itu, oleskan minyak ke kaki yang mengalami kram.

 

Meski terdapat beragam manfaat minyak zaitun bagi ibu hamil, tapi disarankan Bumil berkonsultasi ke dokter kandungan lebih dahulu. Pada sebagian ibu hamil, minyak zaitun bisa menyebabkan iritasi kulit. Kecuali itu, konsumsi minyak zaitun dalam format suplemen juga tidak boleh dilaksanakan sembarangan tanpa konsultasi dokter.

READ  Jenis Terapi untuk Mengobati Kecanduan Seksual