Untuk melaksanakan sebuah Bisnis di era kompetisi bebas “ Benteng Sopan dan Etika semestinya Ditegakan Guna Membatasi Kemajuan Usaha dan Pengaplikasian Teknologi bagi Kemanusiaan” begitupun Perbuatan Etis yang Adalah Taktik Wirausaha Jangka Panjang Terbaik bagi Perusahaan”. Etika bisnis yaitu sebuah perlakuan dan metode berbisnis yang benar sesuai kaidah dan tatanan di dunia usaha, dimana segala pengusaha dihadapkan pada norma-norma yang ada di masyarakat dan menjadi panduan dalam melaksanakan langkah-langkah untuk hidup di tengah masyarakat konsumen yang senantiasa memandang perilaku dan sepak terjang seorang wirausaha dalam bermasayarakat terutama dalam menghadapi Tantangan MEA.

 

Lalu unsur etika apa sajakah yang perlu ditanamkan pada seorang wirausaha untuk dapat senantiasa menjaga eksistensi usahanya sekaligus dapat mengawal perjalanan usajhanya menuju sukses? Penting untuk seorang wirausaha bahwa Setiap langkah usaha yaitu etika.  Etika usaha sebagai karakter sebuah bisnis, tidak ada bisnis yang bernilai tanpa etika  Di Era MEA ETIKA BISNIS yang akan berbincang-bincang menjadi Kekuatan Saing Usaha yang tidak ternilai. Bisnis yang beradab dalam menghadapi tantangan MEA akan menjadi ciri karakter seorang wirausaha sejati yang senantiasa mengedepankan nilai-nilai etika dan spiritual dalam bisnisnya.  Dalam keadaan darurat konsisten mampu berdiri atas kecakapan sendiri, mampu menolong dirinya keluar dari kesusahan, mampu menuntaskan kemiskinan tanpa bantuan pemerintah dan biasanya mereka dalam keadaan normal mampu mewujudkan dirinya maju, kaya dan sukses dengan kecakapan dan kapasitas dirinya.

READ  Kriteria Penting untuk Menentukan Premi Asuransi Kesehatan Anda

 

Yang semestinya ditanamkan untuk menjaga etika berwirausaha, yaitu dengan menanamkan norma dan nilai-nilai yang mendukung usahanya untuk mendapatkan kepercayaan pasar/pelanggan maupun menjadi tauladan (bisnis figur) dengan menjaga kejujuran, tanggung jawab, senantiasa berusaha menepati janji, melaksanakan disiplin diri, taat aturan, menyukai menolong dan berkhasiat untuk orang lain, menjaga amanah/janji, berharap menghormati segala orang serta senantiasa mengejar prestasi (kesuksesan usaha yeng memberi manfaat). Santun dalam berbisnis juga yaitu bilamana wirausaha itu sudah dapat mengubah keberaniannya.  keberanian apa saja yang semestinya dirobah dalam mindset seorang wirausaha kalau berharap sukses? Mulailah mengubah Keberanian dalam berani bercita-cita. berani mencoba, berani gagal, berani sukses, berani mengubah pola pikir dam berani membaca kans. Laporan mengenai evaluasi dan capaian MEA di tahun 2015 sudah rampung dihasilkan oleh team ASEAN. Hasil dari laporan hal yang demikian menonjolkan adanya peningkatan tingkat kesejahteraan dan sosial ekonomi di MEA. Perkembangan riil terlihat juga di sektor perdagangan lewat peningkatan arus barang.

READ  Daftar Layanan untuk Ibu Hamil yang Ditanggung BPJS Kesehatan

 

Suatu perkembangan bagi team pembuat kebijakan dapat jadi yaitu pencapaian melainkan bagi kalangan masyarakat dapat justru sebaliknya. Perkembangan MEA di sektor hilir masih bergerak lamban dan memerlukan banyak bantuan sektor hulu dalam pencapaian pemahaman. Di tingkat hilir, terutama para entrepreneur banyak yang masih semestinya belajar dan memerlukan waktu lebih dari 10 menit untuk menjawab pertanyaan apa itu MEA. Suatu keadaan yang betul-betul kontradiktif bagi pergerakan MEA. Tahun 2016, diharapkan sudah terjadi pemerataan, dari para pembuat keputusan sampai pelaku wirausaha semestinya mengerti dan sepakat apa itu MEA.

 

Pemetaan dan pemerataan yang mandeg ini yaitu tugas para stakeholder di hulu. Perbedaan tingkat pengajaran dan mentalitas masyarakat di ASEAN menambah lambannya pergerakan MEA. Contohnya di kota Bandung, Indonesia, dari 20 entrepreneur yang ditanya apa itu MEA hanya 7 orang yang dapat menjawab dengan pas dan pesat. (Data: Riset penulis 11 Maret 2016). Bila definisi saja tidak mengerti, bagaimana pencapaian hal yang demikian dikatakan sukses? Mungkin imbas keberhasilan MEA ada, melainkan mereka di hulu tidak menyadari bahwa perluasan pasar dan peningkatan penjualan mereka yaitu imbas dilegalkannya MEA.

READ  Apa bedanya asuransi syariah dengan asuransi konvensional pada umumnya

 

MEA yaitu singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN yang memiliki pola mengintegrasikan ekonomi ASEAN dengan metode menyusun metode perdagangan bebas antara negara-negara anggota ASEAN. MEA yang yaitu singkatan ini dinikmati mereka yang berkecimpung di hilir susah dipahami. Fenomena ini semestinya ditindaklanjuti dengan serius, terutama oleh para pembuat kebijakan di hulu,dari ASEAN, pemerintah, sektor swasta sampai dengan akademisi.

 

Mereka yang tidak mengerti memerlukan sosialisasi yang mendalam, malahan training khusus kalau diperlukan. Mungkin memang profesi yang tidak mudah untuk meratakan kesenjangan pemahaman tentang MEA. Melainkan kalau tidak dilakukan sekarang karenanya kesenjangan ini akan semakin dalam dan merugikan banyak pihak.