Pantai Pandawa merupakan sebuah tempat yang pas bagi Anda yang kurang menyukai keramaian ketika tamasya. Tempat tamasya di Bali ini tergolong masih baru dan tak seramai Pantai Kuta, Pantai Legian dan Pantai Seminyak.

 

Tempat tamasya ini dahulu disebut dengan nama Secret Beach karena letaknya yang berada di balik tebing kapur tinggi, sehingga tak banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Kini, pemerintah tempat sudah membuka jalan masuk masuk dengan membikin jalan sepanjang 1,5 km membelah tebing kapur.

READ  Taman Wisata Mekarsari Wisata Bogor

 

Nama tempat tamasya ini didapat dari adanya lima buah patung Pandawa, legenda dalam ajaran Hindu, yang menghadap pantai. Di tebing kapur hal yang demikian dibuat lubang-lubang untuk menempatkan kelima patung Pandawa, yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna dan si kembar Nakula – Sadewa.

 

Tempat tamasya yang juga disebut dengan Pantai Kutuh ini mempunyai estetika yang tak kalah dibandingi pantai lainnya di Bali. Hamparan pasir putih dan airnya yang biru kehijauan membikin siapa saja betah berlama-lama menikmatinya dengan duduk di deretan tempat duduk malas di pantai ini.

READ  Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi

 

Jikalau Pantai Kuta diketahui dengan panorama sang surya terbenamnya, maka pantai yang menghadap timur ini mempunyai panorama sang surya terbit yang bisa dipercaya. Tidak jarang, dari sini Anda bisa mengamati pelancong yang mengerjakan paragliding dari Bukit Timbis, terbang via atas pantai.

 

Tiap tahunnya, Pantai Pandawa dibuat lokasi untuk upacara Malesti yang merupakan sebuah upacara dalam rangkaian peringatan hari raya Nyepi. Upacara Malesti bertujuan untuk menyucikan diri dari semua kesalahan dan perbuatan buruk yang dijalankan di masa lalu. Kecuali itu, di kawasan pantai ini juga terdapat kesibukan budidaya rumput laut yang dijalankan nelayan setempat.

READ  Hal yang Harus Kamu Lakukan di Labuan Bajo

 

Untuk bisa menikmati semua estetika pantai ini, Anda hanya perlu membayar sebesar 2.000 Rupiah untuk WNI dan 5.000 Rupiah untuk WNA. Murah sekali, bukan?