Saat rambut berketombe, Anda pasti jadi tak percaya diri. Pasalnya, ketombe yakni kulit kepala kering yang mengelupas dan muncul di sela-sela rambut. Kalau Anda menerapkan baju berwarna gelap, maka ketombe biasanya tak cuma menonjol di kulit kepala saja tapi juga di baju Anda. Sebetulnya apa penyebab ketombe? Simak di bawah ini!

 

Pada dasarnya, penyebab pasti ketombe tak diketahui sebab kasusnya berbeda-beda pada tiap orang. Tapi, ada banyak elemen yang bisa memicu munculnya ketombe. Di antaranya yakni:

 

  1. Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik yakni situasi saat kulit kepala mengalami iritasi. Tandanya antara lain kemerahan pada kulit kepala dan minyak yang kemudian tertutupi oleh sisik putih atau kuning yang sesekali mengelupas. Tidak cuma pada rambut, dermatitis seboroik juga bisa mengenai berjenis-jenis zona kulit lain yang kaya akan kelenjar minyak seperti alis, sisi hidung, belakang alat pendengar, tulang dada, sampai selangkangan.

READ  Pedoman Hidup Sehat Bagi Orang Prehipertensi

 

  1. Jarang keramas

Ketombe bisa muncul akibat Anda jarang keramas atau jika keramas kurang bersih. Pasalnya, jika Anda jarang mencuci rambut maka minyak dan sel-sel kulit mati di kulit kepala akan menumpuk sampai menyebabkan ketombe. Oleh sebab itu, usahakan keramas dengan rutin paling tak dua hari sekali.

 

  1. Jamur ragi

Jamur ragi (malassezia) bisa hidup di kulit kepala orang dewasa. Sayangnya, pada beberapa orang jamur yang satu ini bisa mengiritasi kulit kepala sampai membuat sel-sel kulit tumbuh lebih banyak dari yang patut. Hal inilah yang kemudian jadi penyebab ketombe di kulit kepala Anda.

READ  Batuk Selalu Jadi Pertanda Bahwa Anda Sakit

 

Sel- sel kulit mati ini kemudian bisa mengelupas saat Anda menggaruknya sehingga membuatnya terangkat dan sungguh-sungguh menonjol.

 

  1. Kulit kering

Bukan cuma rambut berminyak yang bisa mengalami ketombe. Saat kulit tubuh Anda mengalami kekeringan, kulit kepala pun bisa terkena dampaknya. Kulit kering yang terdapat di kulit kepala inilah yang menjadi cikal bakal ketombe. Biasanya ketombe yang muncul akibat kulit kering ukurannya lebih kecil dan tak berminyak.

 

  1. Tidak cocok dengan produk perawatan rambut

Tidak seluruh orang cocok dengan berjenis-jenis produk perawatan rambut yang dijual di pasaran. Sebagian orang mempunyai sensitivitas lebih tinggi kepada zat tertentu pada produk perawatan rambut. Produk perawatan rambut yang tak cocok bagi Anda bisa menyebabkan kulit kepala memerah, gatal, dan bersisik.

READ  Tindakan yang Dapat Dilakukan Dokter Neurologi

 

  1. Memiliki permasalahan kesehatan tertentu

Biasanya, orang dengan psoriasis, eksim, dan permasalahan kulit lainnya cenderung mempunyai ketombe yang lebih banyak dan lebih sering dibandingkan dengan orang sehat lainnya. Selain itu, orang dengan penyakit Parkinson dan beberapa penyakit neurologis lainnya juga lebih rentan kepada ketombe dan dermatitis seboroik. Konsultasikan pada dokter jika ketombe yang Anda miliki akibat permasalahan kesehatan tertentu sudah terasa sungguh-sungguh mengganggu.