Menjadi freelancer atau pekerja lepas mungkin jadi alternatif bagi beberapa orang. Secara karena waktu kerja yang lebih fleksibel, dapat bekerja di beberapa perusahaan, atau karena berkesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Sayangnya, karena tidak terikat oleh perusahan, asuransi kesehatan tentu tidak akan diurus oleh perusahaan. Lalu, bagaimana caranya memilih dan membuat asuransi kesehatan bagi pekerja lepas? Simak panduannya berikut ini.

 

Pekerjaan apa malahan, termasuk pekerja lepas perlu mempunyai asuransi kesehatan. Kenapa? Kesehatan itu penting bagi segala orang. Supaya asuransi kesehatan yang Anda miliki pantas dengan keuangan Anda dan tidak membuat Anda terbebani, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

 

  1. Pahami dulu tujuan Anda membuat asuransi kesehatan sendiri

Menjadi seorang pekerja, apalagi tak jarang kali lembur dapat membuat tubuh Anda cepat lelah dan mudah sakit. Nah, kondisi ini juga sama berlakunya dengan pekerja lepas sekalipun, meskipun tidak sepatutnya masuk ke kantor dan tidak dikendalikan dengan jam kerja. Jadi, risiko penyakit apa saja dapat terjadi kapan saja.

READ  Seberapa Jauh Anda Melakukan Financial Check Up

 

Nah, mempunyai asuransi kesehatan, termasuk dalam perencanaan keuangan dan kesehatan Anda. Asuransi kesehatan dapat membantu meringankan tarif pengobatan medis apabila suatu dikala Anda jatuh sakit. Anda juga lebih mudah untuk menerima pengobatan yang lebih bagus.

 

Pekerja lepas lazimnya tidak mendapatkan jaminan kesehatan dari perusahaan. Itulah sebabnya apabila Anda telah paham bahwa asuransi kesehatan itu penting, Anda sepatutnya mengandalkan diri sendiri untuk meregistrasikan diri sendiri sebagai anggota dari perusahaan asuransi kesehatan.

 

  1. Pertimbangkan beberapa hal sebelum membuat asuransi kesehatan

Memilih asuransi kesehatan, tidak boleh sembarangan. Sebab nantinya akan menjadi tanggungan dan Anda; apa saja pelayanan yang Anda dapatkan, keharusan apa saja yang perlu penuhi, dan tentunya memudahkan jalan masuk kesehatan Anda atau tidak.

 

READ  Anggapan Keliru Soal Asuransi Kesehatan yang Perlu Diluruskan

Jadi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memastikan hati pada salah satu asuransi kesehatan, seperti:

Setelah Anda tahu apa tujuan mempunyai asuransi, Anda sepatutnya tahu pengetahun dasar mengenai asuransi. Ada dapat mecari tahu mengenai premi, plafon, fasilitas kesehatan, dan lain-lain supaya akan membantu Anda dalam memilih asuransi yang tepat.

 

Tiap-tiap perusahaan asuransi memberikan jaminan pelajayanan kesehatan  yang berbeda-beda. Ada yang memberikan jaminan tarif pengobatan, mulai dari tarif pengobatan penyakit ringan hingga operasi penyakit kritis. Pun, ada pula menjami tarif pengobatan alternatif. Namun, ada pula yang penawarannnya terbatas, misalnya memberikan jaminan rawat inap, tapi tidak dengan obat-obatan dan kunjungan dokter.

 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa jaminan pelayanan yang lebih komplit lazimnya akan dikenakan premi (iuran) tambahan sehingga iuran yang sepatutnya Anda keluarkan jadi lebih besar. Setelah mengenal variasi tanggungan dari beberapa perusahaan asuransi, lakukan perbandingan.

READ  Tips Untuk Mencari dan Menemukan Peluang Usaha

 

Menjatuhkan alternatif pada satu asuransi kesehatan, memerlukan banyak pertimbangan. Selain variasi tanggungan, kredibilitas perusahaan, Anda juga sepatutnya menilai seberapa kapabel Anda membayar premi.

 

Pengeluaran untuk iuran yang sepatutnya dibayarkan tentu akan memengaruhi keuangan Anda. Jadi, pilih besaran premi yang kapabel Anda bayar nantinya. Apalagi bagi Anda yang seorang pekerja lepas; gaji dan pekerjaannya tidak tetap.

 

  1. Metode mendaftar jadi anggota asuransi kesehatan

Metode membuat asuransi kesehatan bagus itu swasta maupun dari pemerintah, seperti JKN KIS dibawah naungan BPJS sesungguhnya sama saja. Anda perlu melengkapi data melampirkan beberapa berkas data pribadi.

 

Anda dapat mengunjungi kantor asuransi terdekat atau mendaftar secara online. Anda dapat memilih jalan masuk mana yang lebih mudah bagi Anda. Apabila telah mendaftar asuransi, jangan lupa untuk meniru segala aturan dan memahami kebijakan dari asuransi kesehatan yang Anda pilih.