Sebagai kota satelit dari Jakarta, Bekasi bisa dikatakan tak kalah sibuknya dengan ibu kota. Bekasi betul-betul identik dengan eksistensi pabrik industri yang membuatnya menjadi salah satu tujuan perantauan bagi masyarakat dari semua Indonesia. Pada tahun 2010, penduduk Bekasi tercatat menempuh 2 juta jiwa. Jumlah penduduk yang terbilang padat hal yang demikian juga berpengaruh pada padatnya jalan raya yang berujung pada kemacetan serta kepadatan kawasan permukiman.

 

Tapi, jangan salah, Bekasi tak hanya selalu identik dengan kemacetan dan padatnya kawasan industri. Di Sejak Patriot ini, Anda malah bisa menemukan sejumlah tenaga tarik tamasya yang bisa menjadi pelepas penat pada akhir pekan dan musim tamasya. Nah, bagi Anda yang mau bertamasya, ada anjuran 15 tempat tamasya di Bekasi yang semestinya dimasukkan dalam agenda tamasya Anda. Untuk lebih jelasnya, simak review lengkapnya berikut ini.

 

  1. Gedung Juang 45

Bekasi yakni salah satu kota yang menjadi saksi sejarah pengorbanan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Pengorbanan rakyat Bekasi hal yang demikian diabadikan di Gedung Juang 45. Bangunan bersejarah yang kini dimanfaatkan sebagai perpustakaan ini dulunya yakni kantor pemerintahan pada masa pendudukan Belanda dan Jepang. Saat pasukan TNI berhasil menaklukkan Jepang, Gedung Juang malah berhasil diambil alih.

 

Gedung Juang 45 dibangun pada tahun 1901 dengan mengusung konsep arsitektur khas Eropa dan Indonesia. Padahal telah betul-betul tua, Gedung Juang 45 masih sanggup menghadirkan nuansa arsitektur artdeco yang indah dan cukup menarik dibuat sebagai objek fotografi.

 

Bila beratensi menjelajahi estetika arsitektur tempat tamasya di Bekasi ini, Anda bisa mendatangi letaknya di Jalan Sultan Hasanudin 5, Tambun Selatan. Pengunjung hanya perlu membayar karcis masuk seharga Rp2.000 untuk memasuki zona Gedung Juang 45 yang dibuka pada pukul 08:00-15:00.

 

  1. Saung Ranggon

Di tengah arus modernitas, Bekasi konsisten mempunyai satu kawasan khusus yang didiami bangunan berusia sekitar 500 tahun. Saung Ranggon yakni salah satu primadona tempat tamasya di Bekasi yang masih eksis sampai dikala ini. Zona cagar kebiasaan Saung Ranggon berada di kawasan permukiman warga, tepatnya di Kampung Cikedokan, Cikarang Barat, yang bisa dijangkau dengan gampang oleh kendaraan.

 

Berdasarkan legenda, Saung Ranggon dibangun oleh Pangeran Rangga pada abad 16. Pangeran Rangga sendiri yakni keturunan segera Pangeran Jayakarta. Pada masa awal pembangunannya, Saung Ranggon dimanfaatkan sebagai tempat menaruh hasil panen warga sekitar. Kini, bangunan berbentuk rumah panggung yang terbuat dari kayu hal yang demikian disulap sebagai destinasi tamasya sejarah pujian warga Bekasi.

 

  1. Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya (TBIJ) bisa jadi tempat tamasya di Bekasi yang menarik bagi Anda yang mau memandang segera berjenis-jenis spesies binatang reptil seram satu ini. TBIJ berada di Jalan Raya Serang-Cibarusah Kilometer 3, Serang Baru, Bekasi. Di kawasan penangkaran ini terdapat setidaknya 500 spesies buaya yang terdiri dari buaya moncong panjang Kalimantan, buaya muara Sumatera, buaya Irian, dan buaya albino. Buaya-buaya hal yang demikian tak jarang kali unjuk kebolehan dalam atraksi bersama pawang buaya.

 

Kecuali buaya, TBIJ juga yakni rumah bagi sejumlah spesies ular yang tak jarang pula disertakan dalam atraksi ekstrem bersama kawanan buaya. Di TBIJ, buaya tertua berusia sekitar 55 tahun, meski yang termuda hanya berusia 10 tahun. Untuk bisa memandang segera berjenis-jenis koleksi buaya di TBIJ, pengunjung dewasa diharuskan membayar karcis masuk seharga Rp20.000 dan Rp10.000 untuk anak-anak di atas umur tiga tahun. TBIJ dibuka setiap hari pada pukul 09:45-16:00.

 

  1. Taman Rusa Kemang Pratama

Kemang Pratama sebenarnya yakni zona perumahan yang berlokasi di kawasan Rawalumbu, Bekasi. Eksistensi taman rusa di zona perumahan hal yang demikian ternyata cukup menarik perhatian warga dari luar perumahan. Hasilnya, Taman Rusa Kemang Pratama malah kian ramai dikunjungi dan malah dibuat sebagai pilihan tempat tamasya di Bekasi bagi warga Bekasi dan sekitarnya.

READ  Tempat Wisata Alam di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

 

Penghuni perumahan Kemang Pratama dan warga sekitar tak jarang memanfaatkan taman ini sebagai tempat jogging, piknik, atau sekadar berjalan-jalan dikala pagi dan sore. Pengunjung bisa bersantai di zona Taman Rusa Kemang Pratama tanpa dipungut tarif.

 

  1. Venetian Water Carnaval

Bekasi juga punya sarana tamasya keluarga bertema kota tamasya Venesia yang klasik dan unik. Venetian Water Carnaval yakni zona waterpark yang berada di Perumahan Villa Mutiara Gading 2, Jalan Karangsatria Blok D2 Nomor 1-2, Tambun Utara, Bekasi.

 

Nuansa semarak karnaval khas Italia malah telah bisa Anda rasakan seperti itu memasuki zona Venetian Water Carnaval. Desain waterboom dan zona waterpark bisa membuat Anda dan keluarga merasakan atmosfer tamasya yang lebih berkesan. Kehadiran perosotan dan ember raksasa di zona kolam renang dijamin bakal membuat anak-anak antusias dan tak sabar untuk segera bermain air. Venetian Water Carnaval juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penyokong seperti panggung hiburan, taman bermain anak, sampai teater 4 dimensi yang akan membuat tamasya kian seru.

 

 

 

Harga karcis masuk tempat tamasya di Bekasi yang satu ini malah relatif terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar karcis masuk seharga Rp20.000 pada hari Senin-Jumat, dan Rp50.000 khusus hari libur. Waterboom Venetian Park Carnaval buka setiap hari pada pukul 08:00-18:00.

 

  1. Go! Wet Waterpark

Go!Wet Waterpark bisa dikatakan sebagai waterpark favorit warga Bekasi. Gelanggang waterpark yang berlokasi di Grand Tamasya Bekasi, Jalan Southern Boulveard, Kav. 1, Tambun Selatan ini mempunyai luas lahan 7,5 hektare. Lahan Go! Wet Waterpark yang luas hal yang demikian menjadikannya sebagai salah satu waterpark terbesar di Indonesia.

 

Di tempat tamasya di Bekasi yang satu ini, Anda dan keluarga bisa merasakan wahana permainan air yang menyenangkan seperti contohnya seluncuran, kolam ombak buatan, semprotan air, sampai bersantai di ajang Go!Lazy. Berkat kehadiran sejumlah wahana menarik dan fasilitas penyokongnya, Go!Wet Waterpark tak pernah sepi oleh pengunjung.

 

Go!Wet Waterpark buka setiap hari pada pukul 10:30-18:30 dan pukul 09:00-20:00 khusus akhir pekan. Harga karcis masuk yang dipatok untuk pengunjung dewasa yakni Rp150.000 dan Rp100.000 untuk anak-anak pada hari biasa. Sementara untuk akhir pekan dan hari libur nasional, harga karcis yang semestinya dibayarkan yakni Rp225.000 untuk dewasa, dan Rp175.000 untuk anak-anak.

 

  1. Saung Wulan

Cari rumah makan bernuansa tradisional di Bekasi? Saung Wulan tempatnya. Pusat tamasya masakan Saung Wulan memadukan konsep tamasya masakan dan alam yang akan membuat tamasya Anda dan keluarga kian seru.

 

Di Saung Wulan, Anda tak hanya bisa menyantap aneka hidangan Sunda di sebuah saung tradisional. Pemandangan danau yang didiami sekumpulan angsa ikut menambah sedapnya suasana santap bersama keluarga dan sahabat-sahabat. Malah, di Saung Wulan malah terdapat sebuah zona persawahan mini di jalanan setapak menuju saung. Datanglah pada malam hari, Anda akan dibuat takjub dengan suasana romantis berkat hiasan lampu warna-warni yang indah.

 

Di zona Saung Wulan juga tersedia pembenihan berjenis-jenis ragam ikan sepeti patin, gurami, mas, dan tawes. Pengelola Saung Wulan menyediakan alat pancing bagi pengunjung yang mau menangkap sendiri santapannya. Setiap pancingan akan dihargai sebesar Rp35.000/kg.

 

Dilihat dari suasana alam dan sajian kulinernya yang sedap, Saung Wulan bisa dikatakan sebagai tempat yang pas untuk acara gathering atau malah acara resepsi pernikahan. Kafe tradisional Sunda ini berada di Jalan Abu Bakar Nomor 60 Setiadarma, Tambun, Bekasi, dan dibuka setiap hari pada pukul 10:00-23:00.

READ  Kegiatan yang Dapat di Lakukan di Pantai Senggigi Lombok

 

  1. Snow World International Revo Town

Bekasi yang tenar dengan cuaca panasnya ternyata mempunyai ajang bersalju yang tak jarang menjadi incaran para wisatawan. Snow World International Revo Town yakni tempat tamasya di Bekasi yang mengadopsi konsep tamasya salju di negara empat musim. Kecuali bisa merasakan sensasi musim dingin, Anda malah akan dibuat takjub dengan kehadiran kreasi seni pahat es di zona Snow World. Malah, Anda malah bisa merasakan asyiknya berseluncur di atas es yang licin. Tak heran bila banyak pengunjung yang ketagihan untuk bermain di Snow World International Revo Town.

 

Padahal didirikan di lahan parkir Bekasi Square, Snow World International Revo Town konsisten sanggup menghadirkan nuansa kota bersalju yang memesona. Harga karcis masuknya malah relatif terjangkau, yakni Rp60.000 untuk dewasa dan Rp40.000 untuk anak-anak. Karcis masuk hal yang demikian telah meliputi sewa jaket tebal untuk melindungi Anda dari dinginnya salju Bekasi.

 

Beratensi? Datang saja segera ke letaknya di Revo Town Lapangan Parkir Utara, Jalan Jend. Ahmad Yani Kav. 1 Pekayon Jaya, Bekasi Selatan. Tempat tamasya di Bekasi ini buka setiap hari pada pukul 13:00-20:00, dan khusus akhir pekan, Snow World dibuka lebih awal pada pukul 11:00.

 

  1. Pantai Muara Beting

Bekasi juga punya pantai yang indah untuk disambangi dikala tamasya. Pantai Muara Beting yakni salah satu destinasi tamasya bahari di Bekasi yang berada di kawasan Muara Gembong. Di tempat tamasya di Bekasi ini Anda bisa bersantai sejenak sambil duduk di pinggir pantai merasakan embusan angin yang lembut dan menyejukkan. Pantai Muara Beting tak hanya asyik dibuat tempat bersantai. Pantai yang satu ini juga mempunyai kawasan konservasi di muara Pantai Bendera dan Pantai Muara Beting.

 

Pantai Muara Beting juga mempunyai hutan bakau seluas 70 hektare. Burung-burung yang bermigrasi dari Laut Pasifik dan laut Cina Selatan tak jarang kali menunjukkan diri di kawasan hutan bakau Pantai Muara Beting setiap bulan September sampai Februari. Kawasan hutan bakau Pantai Muara Beting bisa Anda telusuri dengan menaiki perahu kayu yang bisa disewa dengan harga Rp30.000-Rp50.000. Pengunjung tak dikenakan tarif karcis masuk untuk merasakan menawannya Pantai Muara Beting.

 

  1. Curug Parigi

Curug Parigi tak jarang dijuluki sebagai Niagara Falls-nya Bekasi. Air terjun satu ini ternyata juga sempat viral di media sosial berkat keindahannya. Sejak kepopulerannya di media sosial mencuat, Curug Parigi segera ramai dikunjungi wisatawan yang mau memandang segera keunikan air terjun yang konon mempunyai debit air besar, terlebih pada dikala musim hujan.

 

Gemuruh air terjun Curug Parigi nyatanya susah ditolak para pengunjung. Umumnya, pengunjung tak akan ragu untuk menjelajahi bebatuan raksasa untuk merasakan percikan air yang berasal dari air terjun. Malah, tak sedikit pula pengunjung yang nekat berendam di kolam air terjun. Curug Parigi berlokasi di tempat Cikiwul, Bantargebang, Bekasi. Curug Parigi tak mematok karcis masuk untuk pengunjungnya.

 

  1. Vihara Dharma Jaya

Vihara Dharma Jaya Bekasi malah bisa jadi tempat tamasya yang semestinya Anda kunjungi. Keindahan arsitektur vihara yang didominasi warna merah dan ornamen khas Tiongkok bisa menjadi objek fotografi yang sayang untuk dilewatkan.

 

Rumah ibadah yang berlokasi di Jalan Kalong, Rawa Lumbu ini tak jarang disambangi para wisatawan yang mau mengabadikan keunikan arsitektur serta suasana khidmat jemaat vihara yang tengah beribadah melalui bidikan kamera. Potret keunikan desain eskterior vihara malah sempat wira-wiri di media sosial. Berfoto di depan vihara dengan warna yang eye-catching ini bisa membuat pengunjung merasakan nuansa Negeri Tirai Bambu yang kental.

READ  Pekan Budaya Kediri

 

  1. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang bisa jadi yakni ikon tamasya Sejak Bekasi. Salah satu waterpark tersohor di Bekasi ini mempunyai sejumlah tenaga tarik yang membuatnya tak pernah sepi. Daya tarik pertama dari tempat tamasya di Bekasi ini berlokasi pada desainnya yang mengadopsi gaya arsitektur rumah tradisional Bali. Seperti memasuki zona waterboom, Anda bisa memandang patung-patung dewata serta pondok yang dihiasi atap rumbia dan bunga kemboja.

 

Wahana permainan yang terdapat di Waterboom Lippo Cikarang ini malah layak dinikmati pengunjung dari semua umur, terlebih anak-anak. Kehadiran perosotan spiral dan dekorasi kapal bajak laut raksasa telah tentu membuat pengunjung anak-anak betah bermain air di waterpark satu ini. Bagi Anda yang mau meregangkan otot setelah mengantar buah hati bermain di waterboom bisa mencoba kolam terapi ikan.

 

Beratensi? Segera kunjungi Waterboom Lippo Cikarang di Jalan Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cibatu, Bekasi. Karcis masuk Waterboom Lippo Cikarang dipatok dengan harga Rp60.000 untuk hari Senin-Jumat, dan Rp95.000 khusus akhir pekan. Waterboom Lippo Cikarang buka setiap hari pada pukul 09:00-17:00, dan dibuka lebih awal sejak pukul 08:00 khusus akhir pekan.

 

  1. Situ Cibeureum

Situ Cibeureum yakni danau yang berlokasi di dua desa, yakni Desa Lambang Sari, dan Desa Lambang Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi.

 

Situ Cibeureum terwujud secara natural dan mulanya mempunyai luas menempuh 38 hektare. Tapi, pada dekade 90-an, luas Situ Cibeureum menyusut sampai menjadi 2 hektare saja. Padahal demikian, pesona Situ Cibeureum masih belum pudar sampai dikala ini. Warga Bekasi masih tak jarang menyambangi danau ini terlebih pada pagi dan sore hari untuk merasakan panorama matahari sembari menghirup udara segar.

 

Untuk menunjang kebutuhan para wisatawan, pengelola tempat tamasya di Bekasi yang satu ini telah melengkapi zona wisatanya dengan toko makan, saung bambu, dan tak tertinggal toko suvenir. Situ Cibeureum malah menjadi ajang pemancingan dan jalanan sepeda yang menyenangkan bagi para pengunjung. Untuk bisa sampai ke Situ Cibeureum, Anda bisa menerapkan angkot Koasi 39 dari arah Bekasi Trade Center menuju Jembatan Legenda. Dari situ, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek.

 

  1. Hutan Sejak Bekasi

Hutan Sejak Bekasi dilegalkan pada bulan Desember tahun 2012. Segera dilegalkan, salah satu kawasan hijau di Sejak Bekasi ini segera menjadi destinasi tamasya favorit bagi warga dan wisatawan. Deretan pohon dan koleksi tanaman di hutan kota menjadi panorama yang sanggup menyejukkan mata para pengunjung. Kehadiran Hutan Sejak Bekasi di tengah kawasan industri terang menjadi oase bagi penduduk Sejak Patriot.

 

Di sepanjang jalanan hutan kota, Anda bisa berjalan santai atau mengendarai sepeda sambil dinaungi deretan pohon-pohon rimbun. Taman bermain anak dan zona konservasi burung malah ikut dihadirkan di taman seluas 2 hektare ini. Hutan Sejak Bekasi berlokasi di Jalan Ahmad Yani, atau pas di belakang Stadion Patriot Bekasi.

 

  1. Danau Marakash

Danau Marakash biasanya banyak disambangi pengunjung pada malam hari. Kehadiran lampu warna-warni yang terpantul di perairan menjadi tenaga tarik yang membuat banyak orang betah bersantai sambil bercengkerama bersama sahabat di tempat tamasya di Bekasi yang satu ini.

 

Danau buatan yang dibuka pada tahun 1992 ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Banyak pengunjung yang datang ke Danau Marakesh untuk memancing, bertamasya masakan, atau berkeliling di zona tepi danau dengan menaiki delman. Beratensi?  saja datang ke lokasi Danau Marakash yang berada di dalam  Perumahan Pesona Ungu, Bekasi.