Kalau mendiskusikan tentang kota Blitar, pastilah Makam Bung Karno yang pertama kali melintas di pikiran. Ya, kota Blitar memang familiar karena menjadi tempat disemayamkannya presiden pertama Indonesia.

 

Makam tersebut juga dilengkapi dengan museum dan juga warung-warung suvenir serta macam masakan yang menggiurkan. Nah, selesai berkunjung ke Museum Bung Karno, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Blitar yang kami rekomendasikan berikut ini:

 

  1. Agrowisata Karangsari

Apa sih yang khas dari Blitar? Rupanya selain rambutan, Blitar juga familiar dengan buah belimbingnya. Buah dengan wujud bintang berwarna kuning ini ternyata sudah menjadi buah primadona di Blitar lho. Anda bahkan bisa mengunjungi agrowisata blimbing di Blitar, atau tepatnya di Desa Karangsari, Kecamatan Sukorejo.

 

Di Agrowisata Karangsari ada dua macam belimbing yang dibudidayakan adalah macam Bangkok dan Filipina. Di sini, Anda bisa memetik sendiri belimbing yang akan Anda bawa pulang atau Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas berbahan belimbing seperti dodol, manisan, kerupuk, sirop hingga selai.

 

  1. Penangkaran Rusa Maliran

Mencari tempat wisata yang pantas untuk bersantai dengan keluarga? Penangkaran rusa di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, ini sepertinya pantas bagi Anda.

 

Anda akan menemukan 200 ekor rusa yang hidup bebas berkeliaran di sana. Biaya retribusi yang patut Anda bayar juga benar-benar murah, cuma 2.000 Rupiah per orang dewasa dan 1.000 Rupiah untuk si kecil-si kecil. Di dalam penangkaran rusa terdapat gazebo, taman bermain dan warung makan bagi Anda yang ingin makan setelah lelah berkeliling. Jadi Anda bisa bersantai, piknik sembari menikmati pemandangan kawanan rusa.

READ  Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Wajib Dikunjungi

 

  1. Pemandian Sumber Udel

Mencari wahana air di Blitar tidaklah susah, salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Pemandian Sumber Udel. Lokasinya ada di Jalan Kali Brantas, Kelurahan Bendo, atau berjarak sekitar 500 meter dari Makam Bung Karno.

 

Di sini terdapat kolam untuk dewasa dan juga si kecil. Kecuali itu, ada panggung bersuka ria, taman untuk bermain dan juga jasa sewa alat renang. Pemandian ini juga tak jarang diterapkan untuk perlombaan renang, lho.

 

  1. Istana Gebang

Istana Gebang adalah rumah masa kecil dari presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Lokasinya ada di Jalan Sultan Agung, nomor 29. Berlokasi di lahan seluas 2 hektar, di dalamnya Anda akan mendapati beraneka ruangan yang masih khas dengan kursi kayu kombinasi rotan.

 

Di bangunan ini, beraneka perabotan memang masih memakai contoh lama jadi Anda akan menikmati atmosfer tempo dulu. Nah, apabila Anda berkunjung pada tanggal 6 Juni, Anda akan mengamati haul dan juga pertunjukan hiburan rakyat di sana.

 

  1. Pantai Tambakrejo

Blitar ternyata juga punya banyak sekali pantai yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Tambakrejo yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, atau berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Blitar.

READ  Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi

 

Pasir yang putih dengan air laut yang biru akan menyambut Anda. Sebab ombak di sini tidak begitu besar, maka Anda bisa bersantai sambil bermain air. Ada juga tempat pelelangan ikan segar dengan harga yang murah sekali dibadingkan pasar modern.

 

  1. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Tambakrejo, pantai ini terletak di sisi timur Pantai Tambakrejo. Untuk mencapai pantai ini, Anda akan lewat bukit dan menyebrangi sungai.

 

Pantai ini masih sepi dan alami dibandingkan pantai lainnya di Blitar. Bagi Anda yang lapar, terdapat satu warung makanan di sini. Melainkan sebaiknya Anda membawa bekal makanan sendiri karena kurang bervariasinya makanan yang tersedia di sini.

 

  1. Pantai Jolosutro

Pantai ini terbilang unik karena memiliki pasir yang berwarna hitam. Untuk bisa mencapai Pantai Jolosutro, Anda patut mencapai jarak sekitar 45 km dari pusat kota atau tepatnya berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Water.

 

Pantai ini unik karena terletak di teluk kecil di zona perbuktian. Di tepian pantai, Anda bisa menemukan batuan karang dengan beraneka ukuran. Pantai ini adalah salah satu pantai favorit di kota Blitar.

 

  1. Arung Jeram Soko

Arung Jeram Soko adalah lokasi yang pas bagi Anda yang ingin menguji adrenalin. Daerah wisata ini terletak di Kabupaten Blitar.

READ  Mall di Semarang Ini Jadi Tujuan Banyak Wisatawan

 

Di sini, Anda bisa menikmati sungai sepanjang 9 km dengan tingkat kesusahan grade dua dan tiga dalam arung jeram. Wahana ini juga pantas bagi Anda yang adalah seorang pemula di kesibukan arung jeram.

 

Daerah wisata ini pantas bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu wisata dengan teman-teman. Psstt, di tantangan terakhir dikala berarung jeram, Anda akan lewat terowongan kecil.

 

  1. Candi Penataran

Salah satu candi yang familiar di Blitar adalah Candi Penataran, letaknya di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

 

Di lahan dengan luas 180 x 130 meter ini, Candi Penataran dibagi menjadi tiga kawasan. Pada kawasan pertama Anda akan mendapati Bale Agung, Batur Pendopo, tiga miniatur candi dan candi Angka. Lalu di kawasan kedua, ada Candi Naga dan di kawasan ketiga akan ada candi induknya.

 

  1. Gua Embultuk

Ada juga lho wisata stalakmit dan stalaktit di Blitar, letaknya di Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung. Kalau berangkat dari pusat kota, Anda akan mencapai jarak perjalanan sekitar 40 km.

 

Gua ini memiliki panjang sekitar 1.500 meter dengan lebar tiga meter. Kalau Anda ingin menjelajahi gua, ini disarankan memakai alat tolong penerangan dan jangan lupa membawa baju ganti. Daerah wisata ini lazimnya ramai dikala musim libur tiba.