Dokter Ahli Obstetri dan Ginekologi kerap disebut dengan dokter Obgyn atau dokter kandungan. Memiliki gelar SpOG, dokter dengan spesialisasi ini tak cuma dapat menyelesaikan gangguan pada kandungan saja, melainkan juga tentang kesehatan wanita.

 

Tubuh wanita mengalami progres biologis yang berbeda-beda, meliputi menstruasi, melahirkan, serta menopause. Sekiranya mengalami masalah kesehatan terkait ketiga progres tersebut atau masalah pada organ reproduksi wanita, dokter Obgyn yaitu dokter yang perlu Anda temui untuk mendapatkan berbagai pelayanan dan penanganan tentang kesehatan wanita tersebut.

 

Obstetri dan ginekologi mempunyai makna yang berbeda. Obstetri yaitu cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari tentang kehamilan dan persalinan. Cabang ilmu kedokteran ini berfokus pada perawatan dan pemeliharaan kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan selama masa kehamilan hingga progres persalinan. Meskipun ginekologi yaitu cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari masalah tentang cara reproduksi wanita.

READ  Daftar Makanan yang Mengandung Sianida

 

Tidak cuma wanita hamil atau sedang mengerjakan program hamil saja yang disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan. Wanita sehat juga disarankan untuk mengerjakan pemeriksaan rutin setiap satu hingga lima tahun sekali, guna menjaga kesehatan reproduksi dan mencegah gangguan yang mungkin akan terjadi. Pemeriksaan kesehatan kewanitaan ini penting dikerjakan terutamanya untuk wanita berusia di atas 21 tahun dan telah terkait seksual secara aktif.

 

Selain itu, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan bila mengalami perubahan pada siklus menstruasi Anda, menjelang menopause, atau untuk memantau situasi bayi dalam kandungan dan kehamilan.

READ  Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Kematian

 

Beberapa gejala yang dapat terjadi terkait gangguan kesehatan organ kewanitaan, yaitu perubahan volume atau frekuensi pada siklus menstruasi, kram perut yang tak awam, nyeri ketika membuang air kecil, dan nyeri ketika terkait seksual.

 

Sebelum berkonsultasi dengan dokter kandungan, sebaiknya Anda mencatat berbagai keluhan yang Anda alami. Sekiranya Anda berniat untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan, kesampingkan dulu rasa malu. Selain untuk mengetahui gangguan atau keluhan yang Anda alami, dokter sepatutnya menanyakan berbagai pertanyaan yang terkait dengan siklus menstruasi, kesehatan reproduksi, dan kegiatan seksual Anda. Persiapkanlah jawaban terkait berbagai pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh dokter.

READ  Cara Penggunaan Sampo Antiketombe untuk Atasi Panu

 

Ahli memilih dokter kandungan, Anda dapat bertanya atau mendapatkan anjuran dari orang yang Anda percaya. Cari tahu bagaimana pengalaman dan pengukuran dari sebagian pasien yang pernah ditangani oleh dokter yang Anda pilih, serta apakah dokter tersebut mempunyai kepribadian yang baik dan membuat Anda merasa nyaman.

 

Selain itu, penting untuk mengobrol dengan pasangan Anda ketika memilih Dokter Ahli Obstetri dan Ginekologi. , sebagian suami merasa tak nyaman ketika pasangannya diperiksa oleh dokter pria.