Pada ketika melahirkan secara normal, organ intim wanita akan mengalami perenggangan untuk mengeluarkan bayi dalam kandungan via jalan lahir hal yang demikian. Alhasil, jaringan organ intim wanita akan mengalami pembengkakan dan tak jarang terjadi robekan atau luka pada rongga organ intim wanita. Nyeri akan lebih dinikmati jika dokter mengerjakan perbuatan episiotomi pada organ intim untuk membantu melebarkan jalan lahir bagi bayi dalam kandungan. Bagaimana sistem memecahkan sakit organ intim wanita setelah melahirkan sebab perbuatan episiotomi? Simak review berikut ini.

 

Berapa lama jahitan luka di zona organ intim wanita dapat kembali pulih secara total?

Hakekatnya, jika luka jahitan dirawat dengan baik dan situasi (tenaga tahan tubuh) ibu yang baru melahirkan dalam situasi prima, jahitan luka episiotomi akan kering dengan baik antara 1-2 pekan. Melainkan pengerjaan penyembuhan total luka episiotomi biasanya berlangsung 3-6 bulan.

 

Dikatakan sembuh jika luka hal yang demikian sudah kering dan sudah tak terasa perih, nyeri, serta benang jahitan hal yang demikian juga sudah ‘larut’ bersama daging (dan jika ada sisa benang lainnya akan lepas dengan sendirinya).

READ  Cara Mudah Mengempiskan Badan yang Bengkak Setelah Melahirkan

 

Dan yang perlu Anda kenal, tak ada obat yang mempercepat penyembuhan luka, obat-obat yang diberi merupakan terapi pencegahan kepada infeksi sekunder. Sebab pada luka terbuka, kuman atau kuman akan gampang masuk dan menginfeksi jahitan luka, sehingga membikin jahitan luka episiotomi lebih lama untuk sembuh.

 

Setiap wanita mempunyai waktu penyembuhan yang berbeda-beda bergantung pada tenaga pemulihan, waktu rehat, aktivitas, dan derajat pembengkakannya. Melainkan rata-rata waktu yang diperlukan wanita supaya organ kelaminnya mulai kembali normal merupakan satu pekan hingga satu bulan.

 

Bila Anda mengalami lebih dari waktu hal yang demikian, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter supaya dapat dilaksanakan pendeteksian adanya gangguan lain.

 

Berapa lama hingga sakit organ intim wanita setelah melahirkan dapat sembuh total?

Setelah pengerjaan persalinan selesai, pada persalinan normal dengan perbuatan episotomi pasti akan terasa nyeri, bahkan ada yang mengalami pembengkakan. Rasa nyeri ini sesungguhnya hal yang wajar akibat dari terputusnya jaringan saraf dan jaringan otot. Dan akan langsung membaik setelah beberapa hari.

READ  Normalkah Jika Keputihan Terjadi di Masa Awal Kehamilan

 

Jangan hingga sebab rasa sakit organ intim wanita setelah melahirkan atau nyeri ini membikin Anda takut untuk bergerak. Sebab semakin kerap kali di gerakkan karenanya nyeri hal yang demikian sesungguhnya akan berkurang (yang tak diperkenankan merupakan mengangkat bobot berat, sebab dapat menyebabkan tekanan yang mengakibatkan jahitan terbuka kembali).

 

Bila Anda cuma berbaring terus menerus dan takut bergerak sebab rasa nyeri, karenanya hal hal yang demikian sesungguhnya akan menghalangi pengerjaan penyembuhan, sebab peredaran darah pada luka menjadi tak lancar.

 

Sedangkan pembengkakan yang terjadi merupakan respon perlawanan tubuh kepada kuman. Sehingga dalam pengerjaan penyembuhan luka, terkadang memang terjadi sedikit pembengkakan dan kemerahan. Asalkan jahitan luka tetap bersih, Anda juga tak perlu kuatir, sebab sembab dan merah ini juga bersifat sementara, dan akan mengempes dengan sendirinya.

 

Pengerjaan penyembuhan total luka episiotomi biasanya berlangsung 3-6 bulan, meskipun lukanya sendiri sudah kering setelah 1-2 pekan. Jadi rasa nyeri dan gejala pembengkakan ini merupakan bagian pengerjaan dari penyembuhan yang lazim Anda hadapi. Dan nanti juga akan hilang dengan sendirinya, jadi tak perlu kuatir jika tak diikuti pertanda-pertanda adanya infeksi.

READ  Daftar Skrining yang Harus Dilakukan Saat Hamil

 

Bagaimana sistem memecahkan sakit organ intim wanita setelah melahirkan?

Bila gejala pembengkakan dan rasa nyeri hal yang demikian semakin menjadi serta berkepanjangan, karenanya mesti diperhatikan apakah terjadi infeksi pada jahitan luka episiotomi hal yang demikian. Bila terjadi infeksi karenanya mesti diatasi dengan pemberian antibiotik, jika rasa nyeri tak tertahankan dapat juga dengan mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri.

 

Anda juga dapat berendam air hangat untuk melancarkan peredaran darah di zona jahitan luka Episiotomi untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit atau nyeri yang muncul.

 

Rehat-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada rongga organ intim wanita setelah melahirkan antara lain:

 

  • Hindari duduk atau jongkok jika merasakan nyeri
  • Kompreskan bagian luar organ intim dengan air hangat
  • Cuci dengan air hangat dengan lembut
  • Ganti pembalut tiap kali ke kamar mandi
  • yang cukup
  • Konsumsi obat barier nyeri seperti paracetamol cocok dosis yang direkomendasikan