Keluar darah dari hidung atau disebut mimisan dengan tiba-tiba tak jarang membikin Anda panik. Anda perlu tahu bagaimana sistem memecahkan mimisan dengan benar. Dikala terjadi mimisan, kebanyakan orang lantas terbaring atau mendongakkan kepala ke belakang. Tetapi, sebenarnya sistem itu tak benar. Seketika, bagaimana pertolongan pertama untuk mimisan yang benar. Ini memecahkan mimisan dengan cepat :

 

  1. Duduk tegak dan condongkan tubuh ke depan

Pastikan posisi Anda tetap tegak dan arahkan tubuh Anda sedikit ke depan. Dengan tetap tegak, Anda dapat mengurangi tekanan darah di pembuluh darah hidung Anda. Kecuali juga dapat mencegah darah semakin banyak keluar.

READ  Risiko Memberikan Susu Formula di Area Bencana

 

Jikalau itu, dengan mencondongkan tubuh ke depan, Anda dapat mencegah darah kembali masuk ke hidung atau saluran nafas, atau tertelan, yang dapat mengiritasi perut Anda. Pakai Anda terbaring, darah justru akan masuk kembali dan dapat menyumbat jalan nafas.

 

  1. Cubit cuping hidung

Pakai ibu jari dan jari telunjuk untuk mencubit cuping hidung Anda, selama 10-15 menit. Selama menjalankan ini, Anda dapat mencoba untuk bernapas melalui mulut.

 

Mencubit cuping hidung berguna untuk memberikan tekanan pada titik perdarahan di septum hidung supaya darah berhenti mengalir.

READ  Cara Penanganan Emfisema Subkutis

 

  1. Jangan nafas melalui hidung dulu

Untuk mencegah perdarahan ulang, jangan bernapas melalui hidung dan tak membungkuk selama beberapa jam setelah mimisan. Anda juga dapat dengan lembut memakai beberapa petroleum jelly ke bagian dalam hidung Anda memakai kapas atau jari Anda.

 

  1. Pakai kompres dingin

Untuk memecahkan mimisan, Anda dapat memakai kompres dingin pada hidung. Tetapi, jangan lantas menempelkan es batu ke hidung. Bungkus es batu dengan kain lembut atau handuk bersih, dan tempelkan ke hidung untuk menghentikan mimisan.

READ  Mencegah Bahaya Oksidasi dengan Antioksidan

 

  1. Jikalau ke dokter, seandainya mimisan belum berhenti

Pakai perdarahan kembali terjadi, tiuplah dengan kuat untuk membersihkan hidung Anda dari pembekuan darah. Kemudian semprotkan kedua sisi hidung Anda dengan semprotan hidung dekongestan yang mengandung oxymetazoline (Afrin).

 

Jikalau itu, coba ulangi lagi mencubit cuping hidung Anda. Tetapi, seandainya mimisan tak kunjung berhenti juga, lantas cari bantuan medis.