Ciwidey yakni sebuah nama kecamatan yang lokasinya dekat dengan kota Bandung. Tahukah Anda seputar asal nama unik Ciwidey ini? Ternyata nama Ciwidey asalnya dari bahasa Portugis Kuno, di mana Ciwi artinya yakni Kiwi dan Dey artinya yakni hari. Ada juga yang menyebutkan bahwa Ciwidey asalnya dari bahasa Yunani Kuno, di mana Ciwow artinya Sapi dan Dos artinya yakni lima.

 

Dipercaya bahwa pada dikala itu, tempat yang sekarang terkenal dengan pelbagai tipe tempat tamasya ini yakni tempat lahirnya sapi berkepala lima. Sapi hal yang demikian terletak di Rumah Sembah Sapi yang dimiliki oleh Raden Batubara. Tetapi, belum diketahui dengan jelas apakah kedua arti dari nama Ciwidey ini kongkret atau mitos belaka. Jikalau jelas, untuk urusan tempat tamasya, Ciwidey bukan mitos belaka.

 

Apa saja tempat tamasya yang ada di Ciwidey? Nah, di bawah ini kami akan memberikan Anda 7 tempat paling nge-hits dan direkomendasikan bila Anda berkunjung ke Bandung dan berkesempatan untuk mampir ke Ciwidey. Yuk, simak bagus-bagus ya!

 

  1. Situ Patenggang

Lokasinya berangkat dari kota Bandung, maka Anda setidaknya sudah berada sekitar 47 km dari tempat tamasya di Ciwidey ini. Wisata ada di selatan Bandung, tempat ini yakni tempat tamasya yang menyuguhkan keindahan danau yang indah. Di sini Anda dapat merasakan pemandangan dengan menggunakan perahu lho. Untuk menyewa perahu, Anda seharusnya mengeluarkan biaya kurang lebih 150.000 hingga 250.000 Rupiah saja, tergantung pada kapasitas perahu yang Anda inginkan.

READ  Tempat Nongkrong di Jogja Favorit Wisatawan Segala Usia

 

Tidak seperti ini sesuai untuk Anda yang membawa rombongan keluarga atau teman-teman karena Situ Patenggang rupanya yakni tujuan tamasya paling unggulan untuk rombongan. Untuk masuk, Anda seharusnya membayar karcis masuk 15.000 Rupiah per orangnya. Untuk biaya parkirnya, mobil atau minibus yakni 11.000 Rupiah dan bis 22.000 Rupiah.

 

  1. Kawah Putih Ciwidey

Berdasarkan komplit rasanya bila ke Ciwidey tapi tidak mampir ke Kawah Putih. Rasanya, Bandung memang juga terkenal dengan Kawah Putihnya, ya? Nah, di 44 km dari Bandung, Anda dapat menemukan Kawah Putih Ciwidey, tepatnya di Rancabali. Dengan pemandangan yang memikat, air danau berwarna putih agak kehijauan yang berpadu dengan batuan kapur putih yakni suguhan yang menenangkan.

 

Bahkan cerita, Kawah Putih yakni tempat roh leluhur berkumpul. Berdasarkan, salah satu puncaknya juga diandalkan sebagai tempat rapatnya para leluhur lho. Keren, ya? Ada cerita gaib juga di tempat ini, yakni beberapa masyarakat lokal mengamati domba berbulu putih di sini. Bahkan mereka, domba-domba hal yang demikian yakni jelmaan leluhur. Makin penasaran dan berharap segera datang ke kawah putih Ciwidey? Siapkah 15.000 Rupiah per orang untuk karcis masuk ya. Dan juga 15.000 Rupiah untuk parkir kendaraan roda empat.

 

  1. Kebun Teh Rancabali

Lokasinya berharap lewat tamasya yang tidak hanya hiburan tapi juga ideal untuk mencari pengetahuan, maka kebun teh di Rancabali, Ciwidey ini yakni jawaban yang ideal. Layak pemandangan yang akan membikin mata jadi segar lagi, dengan menambah 30.000 Rupiah saja, Anda dapat menggunakan jasa dari pemandu tamasya dan mengawali tamasya penuh pengetahuan Anda di sini.

READ  Pulau Tidung Wisata Kepulauan Seribu

 

 

 

 

 

 

Anda dapat mengamati segera pengetahuan seputar menanam, pembibitan, cara membuka lahan, memelihara, memetik, memangkas hingga mengolah teh yang benar. Untuk dapat masuk ke tempat tamasya ini, Anda seharusnya membayar karcis seharga 5.000 Rupiah saja. Ingin untuk tamasya alam bersama si kecil-si kecil, apalagi lokasi kebun ini gampang diakses dari Bandung.

 

  1. Kebun Stroberi

Tidak memetik segera stroberi? Atau berharap tahu bagaimana format dari pohon stroberi secara segera? Berdasarkan perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Ciwidey ada, lho. Di kebun yang lokasinya di Alam Endah ini, Anda dapat merasakan hamparan kebun stroberi dan dapat segera memetik alias panen stroberinya.

 

Apalagi dengan udara yang teduh dan pemandangan menyegarkan yang akan Anda dapatkan, berkunjung ke kebun stroberi akan jadi pengalaman tidak terlupakan. Jikalau tidak boleh dilewatkan juga yakni Anda dapat memetik dan menyantap buah stroberi secara segera.

 

  1. Pemandian Cimanggu

Mencari tempat tamasya yang dapat membikin Anda kembali dengan kondisi segar dan bugar lagi? Anda dapat mendapatkannya di Pemandian Air Panas Cimanggu. Wisata tidak jauh dari Bandung, hanya sekitar 45 km saja. Anda dapat mengambil trek Ciwidey – Pangalengan bila berharap menuju tempat pemandian ini. Bayangkan, Anda merasakan air panas dengan pemandangan hamparan kebun teh yang menyegarkan? Pasti Anda pulang dengan badan dan pikiran yang fresh.

READ  Momen Historis Batavia yang Tak Boleh Dilewatkan

 

  1. Pemandian Walini

Layak pemandian Cimanggu, ada juga pemandian Walini yang tidak hanya menyediakan air panas yang sumbernya segera dari alam, tapi juga ada wahana perosotan untuk si kecil. Lokasinya Anda pergi ke Situ Patenggang, Anda dapat mampir ke pemandian air panas ini karena lokasinya tidak terlalu jauh. Layak itu, lokasinya juga ada di kebun teh Walini, jadi Anda dapat merasakan keindahan dan teduhnya kebuh teh Walini juga.

 

  1. Bumi Tenda Ranca Upas

Wisata tidak jatuh dari Kawah Putih, yakni di Desa Alam Endah. Lokasinya Anda berangkat dari kota Bandung, maka Anda seharusnya menempuh sekitar 56 km untuk dapat hingga ke tempat ini.  dengan 10.000 Rupiah per orang, Anda sudah dapat merasakan tamasya di Ranca Upas.  ini sesuai untuk Anda yang berharap berkemah, Anda dapat menyewa peralatannya atau membawa sendiri dari rumah.

 

Nah, jangan khawatir soal makanan karena di sini banyak toko dengan menu yang sedap. Dan yang tidak boleh dilewatkan yakni Anda dapat berkesempatan mengamati kawanan rusa dikala berkemah di sini.