Herpes genital adalah penyakit kelamin yang amat menular. Penyakit ini bisa menyebar melalui sentuhan, namun lebih sering kali menyebar melalui hubungan seksual. Ketika Anda mengetahui pasangan kena herpes genital, Anda mungkin kaget pada mulanya dan kemudian mempunyai banyak sekali pertanyaan yang menumpuk di kepala. Berikut ini beberapa jawaban dari pertanyaan yang paling sering kali ditanyakan sekiranya seseorang baru mengetahui pasangannya kena herpes genital.

 

Seberapa besar risiko aku tertular herpes genital dari pasangan?

Pada dasarnya hal ini tergantung pada adat istiadat seks yang Anda lakukan dengan pasangan. Jika Anda memakai seks yang aman dengan senantiasa memakai kondom, tidak memakai sex toy secara bergantian, dan juga loyal pada satu pasangan saja, risiko Anda kena herpes genital akan lebih rendah. Sebaliknya, sekiranya Anda melakukan sering kali kali melakukan seks berisiko bersama pasangan, kans Anda kena herpes genital tentu akan jauh lebih besar.

 

Bagaimana metode aman terkait seksual sekiranya pasangan aku kena herpes genital?

Cara paling aman dan gampang untuk dijalankan supaya Anda tidak tertular herpes genital dari pasangan adalah dengan senantiasa pakai kondom dikala terkait seksual. Dalam banyak kasus, orang yang kena herpes genital tidak tahu sekiranya dirinya telah terinfeksi. Pasalnya, gejala dari penyakit ini amat samar dan mirip sekali dengan gejala penyakit lain, seperti jerawat, gigitan serangga, ambeien, dan lain sebagainya. Ingat, virus herpes genital bisa menular bahkan sedangkan pasangan Anda tidak menunjukkan gejala apa saja.

READ  Panduan Mengonsumsi Minuman Isotonik

 

Maka, senantiasa terkait seks dengan kondom bisa jadi metode pencegahan yang tepat sasaran supaya tidak tertular herpes genital. Sebaiknya Pria juga konsisten memakai kondom dikala menerima seks oral dari pasangannya.

 

Bisakah pasangan aku sembuh?

Herpes genital adalah infeksi virus yang amat menular. Seseorang yang telah terinfeksi herpes genital akan selamanya mempunyai virus ini dalam tubuhnya. Meski seperti itu, virus herpes tidak selamanya aktif. Virus bisa “tertidur” dan ngumpet untuk sementara, namun bisa aktif kembali sekiranya dipicu oleh sesuatu. Penyakit ini bisa saja kambuh sewaktu-waktu, semisal dikala energi bendung tubuh turun.

 

Bagaimana aku bisa mengetahui apakah aku telah terinfeksi herpes genital atau tidak?

Pergi ke dokter dan langsung lakukan tes penyakit kelamin untuk mempertimbangkan keadaan Anda yang sebenarnnya. Dokter Anda akan mengambil sampel sekiranya mencurigai gejala luka yang menyerupai herpes genital di kulit Anda dan langsung mengeceknya di laboratorium untuk proses pengujian lebih lanjut.

READ  Belum Waktunya Haid Tapi Muncul Bercak Kecoklatan

 

Tes darah juga mungkin akan dijalankan untuk melihat antibodi yang akan diciptakan oleh metode kekebalan tubuh Anda dikala Anda terinfeksi. Variasi virus herpes simpleks kedua, HSV-2, hampir senantiasa menginfeksi zona genital. Jadi sekiranya hasil tes menunjukkan antibodi kepada HSV-2 terdeteksi dalam darah, ini artinya Anda mungkin terkena herpes genital.

 

Sementara sekiranya hasil tes darah menunjukkan antibodi kepada ragam virus herpes lain, seperti HSV-1, karenanya ada dua kemungkinan yang terjadi. Anda bisa saja terkena herpes genital maupun herpes oral. Hal ini terjadi karena herpes oral, bisa menyebar ke alat kelamin selama seks oral.

 

Akibat masalah kesehatan yang mungkin terjadi sekiranya pasangan aku kena herpes genital?

Sebetulnya terbesar herpes genital lazimnya bersifat emosi dan bahkan bisa menyebabkan seseorang mengalami depresi. Sebab ini adalah hal yang wajar. Lantas menghadapi gejala yang menyakitkan, adanya perubahan kegiatan seksual dengan pasangan, dan menerima kenyataan bahwa keadaan ini tidak bisa disembuhkan adalah hal yang tidak gampang.

READ  Laki-laki Juga Wajib Dukung Gerakan Feminisme

 

Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan dukungan terbaik untuk pasangan Anda supaya mereka kuat dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapi.

 

Jika, apa yang bisa aku lakukan untuk menolong pasangan?

Sebagai awal, Anda bisa memahami bahwa mempunyai herpes genital bukanlah keadaan yang  gampang untuk dihadapi. Anda bisa memberi masukan pasangan untuk ikut bergabung dengan mereka yang sama-sama menghadapi keadaan ini dalam klasifikasi penyokong.

 

Jika Anda berpikir herpes genital merusak hubungan, Anda bisa mencoba terapi pasangan. Ingat, sekiranya Anda meninggalkan pasangan Anda untuk mencari orang lain, Anda konsisten akan mempunyai kans bersua pasangan lain dengan penyakit yang sama. Jadi, bijaklah dalam mengambil keputusan.

 

Mungkinkah pasangan menularkan herpes genital dari dudukan WC?

Virus menular melalui cairan tubuh dan sentuhan kulit langsung dengan luka herpes. Virus lazimnya pesat mati di luar tubuh, karenanya penularannya tidak mungkin terjadi melalui benda perantara seperti duduk di WC, handuk, alat makan, dan sikat gigi.