Untuk sebuah usaha yang sukses , tidak mungkin jikalau tidak adanya pesaing usaha. Setiap usaha apa saja pasti mempunyai pesaing, dan kadang pesaing itu membuat wirausahawan menjadi takut usahanya tersaingi, tidak laku atau bahkan bankrut. Pesaing usaha bukanlah akhir dari usaha kita, pesaing usaha juga bisa bernilai positif bagi usaha kita seperti  kita bisa terpacu untuk membuat sesuatu yang inovatif sehingga kita lebih unggul daripada pesaing kita. Jika anda mempunyai pesaing yang mengganggu ketenangan anda, maka anda wajib membaca tips berikut ini  :

 

  1. Mencari informasi tentang pesaing kita

Dimulai dari berapa harga yang di jualnya, berapa keuntungannya kemudian secara detil kita juga mencari tau tentang hari apa saja ketika dia laris dan hari apa ketika sepi, sampai jumlah karyawannya. Dengan Mencari informasi seperti ini kita bisa mengerjakan hal yang sama atau bahkan lebih bagus. Dan juga kita bisa mencari celah kelemahan usaha pesaing kita.

READ  Manajemen Konflik Dalam Mengelola Usaha

 

  1. Memperhatikan tentang usaha kita

Dengan Mencari tau informasi tentang orang lain bukan berarti kita melupakan usaha kita sendiri. Kita juga wajib mencari kelemahan dan kelebihan tentang usaha kita sendiri, seperti mengapa orang beratensi dengan produk kita dibanding yang yang di miliki oleh pesaing.

 

  1. Penemuan

Berinovasi untuk berkompetisi dengan para pesaing yakni sesuatu hal yang wajib di lakukan. Dengan adanya penemuan dalam produk  berarti kita menyediakan sesuatu yang baru dan membuat orang menjadi penasaran dan bahkan suka dengan produk kita. Ini menjadi kan usaha kita lebih unggul. Tetapi ketika usaha kita lebih unggul kita tidak boleh berbangga dengan pesat, amatai terus perkembangan usaha kita dan usaha pesaing.

READ  Totalitas Pelayanan Bank Bag Generasi Milenial

 

  1. Potongan harga

Memberi potongan harga atau diskon yakni tips cermat yang dengan mudah menarik ketertarikan pelanggan pada usaha kita di bandingkan dengan pesaing. Misalnya satuan kue anda di hargai 4000 rupiah namun ketika pelanggan membeli 5 kue anda anggota harga 15000. Jangan takut mengahadapi apa saja selama sesuatu yang anda kerjakan bernilai positif bagi orang lain.

 

  1. Mencari partner usaha

Dengan adanya partner atau rekan usaha kita bisa dengan mudah mencari modal tambahanuntuk usaha kita dan dapat mengurang pesaing usaha kita, Partner atau rekan usaha juga bisa membantu dalam pemasaran dengan metode keuntungan untuk tiap penjualan produk. Kelebihan rekan usaha atau bisa disebut dengan mitra usaha kita tidak perlu menyiapkan gaji namun hanya membayar ketika terjadi penjualan oleh rekan usaha kita.

READ  Cara Menghindari Kalap Saat di Minimarket

 

  1. Jujur dan ramah

Jujur yakni sikap yang paling penting dan wajib dimiliki oleh tiap wirausahawan dan merupakan hal yang sangat penting jika ingin menang dari para pesaing, karena dengan kejujuran kita bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Jujur dikombinasikan dengan keramahan bisa membuat energi tarik pelanggan hal ini dikarenakan pelanggan lebih mersa nyaman dengan pelayanan kita  disbanding dengan usaha lainnya.