Pakar nutrisi ialah kekuatan pakar yang bertugas memberikan saran dan informasi kepada pasien seputar penatalaksanaan nutrisi dan problem kesehatan, terlibat dalam diagnosis dan pengobatan problem kesehatan yang berkaitan nutrisi dan nutrisi.

 

Pakar nutrisi ialah profesi khusus, ialah orang yang mengabdikan diri dalam bidang nutrisi serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui suatu pendidikan khusus di bidang nutrisi. Pakar nutrisi sangat penting terlebih dalam mengontrol nutrisi pada kategori khusus, termasuk penderita kanker, diabetes, penyakit ginjal, atau pada ibu hamil, juga masyarakat secara keseluruhan.

 

Di Indonesia, pakar nutrisi ialah dokter pakar nutrisi klinik atau SpGK. Untuk mencapai gelar tersebut, seseorang harus mencapai pendidikan kedokteran awam terlebih dulu. Setelah lulus sebagai dokter awam, dia masih harus mencapai pendidikan ilmu nutrisi klinik selama 3 tahun dan lulus sebagai dokter pakar nutrisi klinik. Di beberapa universitas, seorang dokter awam perlu pendidikan S2 magister nutrisi terlebih dulu sebelum melanjutkan pendidikan ilmu nutrisi klinik selama 3 tahun.

READ  Nutrisi Penting yang Dibutuhkan oleh Tubuh

 

Tidak cuma mempelajari bagaimana zat-zat nutrisi dicerna, diresapi, digunakan, disimpan, dan dikeluarkan oleh tubuh, ilmu nutrisi klinik juga mempelajari seputar kekerabatan antara makanan dan zat-zat nutrisi dengan kesehatan serta penyakit-penyakit berkaitan nutrisi (nutrition–related diseases) baik akut maupun kronis. Selain itu, ilmu nutrisi juga mempelajari keterkaitannya dengan pengerjaan metabolisme, dalam aspek kesehatan preventif (pencegahan penyakit), kuratif, dan rehabilitatif.

 

Pakar nutrisi berperan penting dalam meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit pada individu dan masyarakat. Dalam menjalankan pelayanan nutrisi, pakar nutrisi dapat menjalankan praktik pelayanan nutrisi baik secara mandiri, atau berprofesi di fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas, klinik, dan rumah sakit. Bisa juga menjadi konsultan nutrisi dalam sebuah organisasi, kelompok sosial, proyek bantuan atau amal, dan penelitian.

READ  Cara Mengurangi Nyeri Sakit Gigi

 

Dalam menjalankan pelayanan nutrisi di fasilitas pelayanan kesehatan, pakar nutrisi terlibat dalam beberapa hal berikut ini:

 

  • Memberikan pelayanan konseling, edukasi nutrisi, dan tata sistem diet.
  • Menentukan status nutrisi, unsur yang berakibat kepada gangguan nutrisi, dan status nutrisi.
  • Menegakkan diagnosis penyakit berkaitan problem nutrisi menurut hasil pemeriksaan jasmani dan penyelidikan riwayat medis yang dijalankan.
  • Menentukan tujuan dan merencanakan intervensi nutrisi dengan menghitung kebutuhan zat nutrisi, wujud makanan, jumlah serta pemberian makanan yang cocok dengan kondisi pasien.
  • Merancang dan mengubah susunan diet, dan menerapkannya mulai dari perencanaan menu hingga saran penyajian makanan.
  • Menjalankan penelitian dan pengembangan nutrisi cocok perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hingga menyelenggarakan administrasi pelayanan nutrisi.
READ  Kandungan Pasta Gigi yang Ampuh untuk Gigi Sensitif