Jember yakni salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali potensi tamasya yang luar umum. Karena lokasinya yang unik yakni dekat dengan Samudera Hindia, tak heran jikalau Jember kemudian dikenal dengan pantainya yang mempesona. Walau begitu, tak cuma pantai yang menjadi kekuatan tarik kota Jember. Ada juga potensi tamasya yang bisa Anda jadikan tujuan tamasya jikalau Anda pergi ke Jember.

Tahukah Anda tenyata Jember juga dikenal sebagai penghasil tembakau utama di Indonesia? Tembakau dari Jember kerap kali dipakai untuk lapisan luar cerutu dan sudah familiar hingga ke Jerman, Belanda dan Brehmen. Membanggakan, ya? Berharap tahu Anda bisa kemana saja jikalau mengunjungi Jember?

  1. Pantai Puger

Pantai ini termasuk pantai yang paling banyak dikunjungi, banyak si kecil muda yang menghabiskan waktu untuk merasakan indahnya Pantai Puger ini. Daerah tamasya di Jember ini layak untuk Anda yang memiliki hobi memancing. Berharap beli ikan segar? Ada TPI atau Daerah Pelelangan Ikan juga di pantai ini. Nah di sekitarnya, ada Cagar Alam Puger Watangan yang familiar dengan sumber air kucurnya.

  1. Pantai Bandealit

Bila mencari pantai yang sempurna untuk olahraga air, karenanya Pantai Bandealit inilah jawabannya. Berjenis-jenis jenis olahraga air seperti body surfing, speedboat, kano dan lain-lain bisa Anda lakukan di pantai ini. Anda juga bisa merasakan suasana alam yang masih alami di sini, banyak burung melintas di sini jadi pemandangan yang berbeda dari biasanya bisa Anda nikmati. Kecuali itu, ada juga penangkaran rusa dan Green House yang penuh dengan berjenis-jenis jenis bunga anggrek di pantai ini.

  1. Pantai Papuma
READ  Tempat Wisata di China yang Wajib Dikunjungi

Pantai Papuma atau Pasir Putih Malikan ini layak untuk Anda yang mau refreshing sebab dipenuhi dengan pohon-pohon yang rimbun. Kecuali itu, di pantai ini Anda juga bisa menemukan Goa Lawa yang cuma bisa disantroni jikalau air sedang surut. Goa ini dipercaya sebagai tempat putri penguasa laut selatan lho. Ada juga yang percaya ini yakni tempat bertapa Kyai Mataram.

  1. Pantai Watu Ulo

Letaknya bersebelahan dengan Papuma, pantai ini juga tujuan tamasya yang menarik. Nama Watu Ulo sendiri terbukti diambil dari deretan batu atau “watu” dalam bahasa Jawa yang menyerupai ular atau “ulo”. Batuan hal yang demikian disebutkan berderet dari pesisir hingga tengah laut lho.

Panorama yang pastinya keren banget. Di sepanjang pantai ini ada banyak warung kerajinan yang bahannya dari laut. Kecuali itu, sesudah hari raya Lebaran biasanya akan ada Minggu Raya yang menarik yakni masyarakat akan menjalankan prosesi persembahan dengan melarung sesaji ke tengah laut. Ini yakni tanda bukti syukur mereka terhadap alam.

  1. Tiara Waterpark

Daerah tamasya di Jember ini layak dikunjungi jikalau Anda membawa si kecil-si kecil. Letaknya cuma 2 km dari Universitas Negeri Jember. Banyak sekali wahana air yang bisa Anda nikmati di sini, tak heran jikalau waterpark ini selalu ramai apalagi ketika musim tamasya tiba.

READ  Oleh-oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal

Uniknya, jikalau di atas jam 5 petang Anda datang ke tempat tamasya ini untuk merasakan Waterpark kecuali Waterboom, Anda tak akan dipungut biaya. Nah, sembari menunggu si kecil bermain anda bisa bersantai dengan karaoke atau juga memakai gratis wifi di Café Area.

  1. Taman Botani

Liburan juga bisa dipenuhi dengan edukasi atau pengetahuan melainkan sambil bersenang-gembira. Kecuali ini bisa Anda temukan di Taman Botani yang lokasinya 11 km ke arah barat alun-alun.

Anda bisa menemukan kebun herbal dengan kurang lebih 300 jenis tanaman. Kecuali itu, cuma dengan 5 ribu saja per orang Anda bisa melihat berjenis-jenis jenis binatang seperti rusa, angsa, cendrawasih, merpati, kalkun dan lain-lain.

  1. Pemandian Kebon Agung

Pemandian ini lokasinya ada di Kebon Agung, Kaliwater, dan ada 2 kolam dengan sumber air yang alami, lantas dari mata air Watu Remuk. Kolam untuk orang dewasa juga disediakan dengan standar internasional, lho. Kecuali itu Anda juga bisa merasakan fasilitas seperti taman bermain, kafe dan juga hotel. Jadi Anda bisa menginap tanpa semestinya bingung mencari hotel lagi.

  1. Puncak Rembangan

Letaknya cuma Bogor yang punya Puncak, Jember juga punya, lho! Dengan ketinggian 650 m dpl, puncak Rembangan ini yakni pesona tamasya yang tak boleh Anda lewatkan. Ada pemandian dengan sumber air alami yang bersih dan juga pesona tamasya lainnya. Anda cuma perlu mengarah ke utara kota Jember sekitar 15 km dan sampailah di Puncak Rembangan.

READ  Hal yang menarik dari Danau Singkarak

Situs tak boleh dilewatkan juga yakni pemandangan malam hari dari puncak ini. Anda akan melihat kerlipan lampu kota Jember yang cantik. Silakan menikmatinya sambil melahap pisang keju dan teh jahe spesial.

  1. Air Terjun Tancak

Bosan dengan pantai Anda bisa pergi ke air terjun. Letaknya ada di perbukitan Tancak, Desa Suci, Panti, atau 16 km ke barat kekuatan Jember. Dari pusat kota, Anda cuma perlu 30 menit untuk bisa hingga di tempat ini. Untuk bisa hingga ke air terjun Anda semestinya jalan kaki kaprah-kaprah 3 km dari Desa Suci. Dan kelelahan Anda akan terbayar dengan cantik dan sejuknya hawa di air terjun dengan tinggi 82 meter ini.

  1. Situs Duplang

Jember juga memiliki sebuah laman yang berisi koleksi peninggalan sejarah, namanya yakni Situs Duplang yang lokasinya ada di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa.

Di sana Anda bisa menemukan koleksi dari jaman Megalitikum seperti kubur batu, menhir hingga batu kenong. Situs ini dipercaya sudah ada semenjak abad 4 Masehi. Ditambah juga ini menguatkan bukti bahwa di desa setempat pada jaman purba sudah ada manusia purba yang hidup menetap berkelompok dan mulai bercocok tanam.