Sesekali, suntikan epidural mungkin Anda terima dikala akan melahirkan normal. Suntikan ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan dikala melahirkan. Dengan kata lain, suntikan ini diberikan untuk membikin tempat yang disuntik mati rasa. Lalu, seandainya mati rasa, bagaimana ibu bisa merasa mau mengejan dengan suntikan epidural dikala melahirkan?

 

Bedanya mengejan dengan suntikan epidural

Suntikan epidural mungkin bermanfaat pada beberapa ibu hamil yang sedang melahirkan. Epidural bisa meredam atau menghilangkan rasa sakit dan dorongan untuk mengejan dikala progres melahirkan. Pada dikala ini, Anda bisa sedikit beristirahat dan menunggu bayi sampai siap untuk dilahirkan.

READ  Amankah Pakai Heating Pad untuk Redakan Sakit Pinggang Saat Hamil

 

Meski Anda telah diberikan suntikan epidural, rahim Anda akan terus berkontraksi dan bayi akan terus bergerak ke bawah tubuh Anda. Tunggu sampai bayi telah cukup berada di dasar panggul Anda dan Anda boleh mengejan untuk melahirkan bayi Anda. Sistem ini lazim disebut dengan laboring down.

 

Hal ini bisa menghemat tenaga Anda, sehingga Anda bisa mengejan dengan tenaga maksimal Anda di waktu yang tepat untuk melahirkan bayi. Menunggu sampai waktu yang tepat juga bisa mencegah gawat janin, kelelahan, terlalu lama waktu yang dihabiskan untuk mensupport bayi, dan posisi bayi salah.

READ  Dampak penggunaan obat aborsi

 

Melainkan, mati rasa sebab suntikan epidural mungkin bisa membikin Anda kesusahan dalam mengoordinasikan otot-otot Anda dikala mengejan. Anda mungkin tak menikmati dorongan untuk mengejan. Pada dikala ini, sebaiknya dengarkan perintah dari dokter Anda kapan Anda seharusnya mengejan. Biasanya Anda dianjurkan untuk mengejan sesudah leher rahim Anda telah melebar sebesar 10 cm. Atau, beberapa dokter mungkin akan menurunkan dosis suntikan epidural supaya Anda konsisten bisa menikmati dorongan alami untuk mengejan dan mempunyai kontrol tubuh dikala mengejan.

 

Berapa lama seharusnya menunggu waktu yang tepat untuk mengejan?

READ  Apa yang menyebabkan vagina robek selama persalinan

Terdapat batas waktu berapa lama ibu seharusnya menunggu sampai dibiarkan untuk mengejan, lazimnya dua sampai tiga jam. Seandainya lewat dari batas waktu ini, mungkin Anda membutuhkan persalinan yang dibantu atau persalinan dengan operasi sesar.

 

Menunggu terlalu lama sampai bayi turun ke panggul ibu bisa membikin waktu persalinan kian lama. Melainkan, penelitian telah menunjukkan bahwa menunggu waktu yang tepat untuk mengejan tak meningkatkan waktu yang dibutuhkan selama tahap kedua persalinan (tahap mensupport bayi keluar). Perubahan posisi Anda dikala melahirkan mungkin bisa menolong pergerakan bayi turun, sehingga bisa mempercepat persalinan.