Pengapuran tulang bisa didefinisikan sebagai terbentuknya jaringan tulang pada tepi atau bagian tertentu di tulang imbas deposit kalsium. Selama ini, banyak yang menganggap pengapuran tulang identik dengan pengeroposan tulang. Benarkah hal hal yang demikian? Kenal apa yang dimaksud dengan pengapuran tulang dan penyebab-penyebabnya di sini.

 

Pengeroposan tulang terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang dan hilangnya kandungan kalsium dalam tulang. Dalam dunia medis, pengeroposan tulang lazim disebut dengan osteoporosis.

 

Sekiranya pengapuran tulang sudah diderita, sebagian hal berhubungan gaya hidup berikut bisa dikerjakan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan, di antaranya:

READ  Terapi Oksigen untuk Penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik

 

Menurunkan berat badan

Sendi yang mengalami tekanan berlebih semakin memperburuk pengapuran tulang yang diderita. Solusi mudahnya yakni menurunkan berat badan.

 

Olahraga

Olahraga secara teratur penting dikerjakan untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Dikala ini akan membuat sendi menjadi lebih stabil sehingga bisa mengurangi tingkat keparahan osteoarthritis. Pastikan olahraga yang dikerjakan tidak berlebihan karena justru akan memperburuk problem yang diderita.

 

Kompres hangat atau dingin

Pengaplikasian kondisi oateoarthritis menimbulkan rasa sakit, cobalah pakai kompres hangat atau air dingin untuk meringankannya. Menerapkan kompres hangat juga berperan untuk melemaskan otot, meski kompres dingin bisa meredakan kram otot dan nyeri.

READ  Cari Tahu Peran Dokter Spesialis Neurologi di Sini

 

Pengaplikasian obat pereda rasa sakit

Menerapkan obat pereda rasa sakit berupa krim atau gel yang dijual bebas di apotik juga bisa dikerjakan. Krim atau gel pereda rasa sakit sesuai diaplikasikan pada sendi yang dekat dengan permukaan kulit, seperti persendian pada lutut dan jari-jari.

 

Pengaplikasian alat tolong

Alat tolong, seperti tongkat, mungkin diperlukan untuk memudahkan penderita pengapuran tulang dalam berkesibukan.  alat tolong ini terutama pada kasus pengapuran tulang imbas kerusakan tulang dan sendi yang sudah berlanjut. Untuk memastikan macam alat tolong yang ideal, konsultasikan terhadap dokter.

READ  Alasan Obat Maag Harus Dikunyah Dulu