Rambut memiliki siklus untuk tumbuh dan juga rontok. Normalnya, 90 persen rambut akan terus tumbuh dan sisanya mengalami kerontokan. Pada ibu hamil, kerontokan umumnya berkurang selama masa kehamilan. Melainkan, ada juga yang mengalami hal sebaliknya, rambut jadi lebih rapuh dan gampang rontok. Sebenarnya, apa penyebab rambut rontok saat hamil dan bagaimana memecahkannya?

 

Pelbagai penyebab rambut rontok saat hamil

Selain perut mual atau nyeri tubuh, beberapa besar ibu hamil juga memiliki keluhan rambut rontok. Walaupun tak menimbulkan gejala yang terang, rambut rontok saat hamil bisa jadi tanda adanya dilema atau perubahan pada tubuh Anda. Untuk itu, Anda sepatutnya tahu apa penyebabnya sehingga kerontokan rambut jadi lebih gampang untuk diatasi.

READ  Bagaimana cara mengatasi usus buntu saat hamil

 

Berikut penyebab rambut rontok saat hamil, antara lain:

 

  1. Perubahan hormon

 

Ketika hamil, hormon yang ada di dalam tubuh akan mengalami perubahan. Perubahan hormon hal yang demikian membuat siklus pertumbuhan rambut normal jadi terhenti atau tak teratur. Kondisi ini disebut juga dengan telogen effluvium dan umumnya terjadi terjadinya dalam satu hingga lima bulan selama kehamilan.

 

Perubahan kadar hormon progesteron saat kehamilan bisa membuat rambut jadi lebih kering, Alhasil, rambut akan lebih gampang patah dan rontok.

READ  Bagaimana cara mendukung let-down reflex saat menyusui atau memompa ASI

 

  1. Kekurangan nutrisi

 

Tubuh membutuhkan nutrisi setiap hari agar saat berprofesi dengan normal. Nah, salah satu tanda tubuh kekurangan nutrisi ialah kerontokan rambut. Keperluan nutrisi saat hamil memang lebih besar daripada umumnya, sehingga ibu mungkin saja mengalami keadaan ini.

 

Ibu hamil yang mengalami anemia, umpamanya. Anemia saat hamil terjadi saat zat besi yang diperlukan untuk menyuplai darah bagi sang ibu dan bayi dalam kandungan tak tercukupi. Kemudian, tak menerima protein yang cukup dari makanan juga bisa menyebabkan keadaan serupa, rambut jadi lebih rapuh dan gampang rontok.

 

  1. Memiliki dilema kesehatan lain

Ada banyak penyakit yang menyebabkan rambut rontok, seperti diabetes gestasional. Macam diabetes ini umumnya hanya terjadi selama kehamilan. Selain itu, ibu hamil yang terinfeksi jamur kulit, merasa depresi, khawatir, dan tertekan juga bisa mengalami rambut rontok.

READ  Jenis Keguguran yang Harus Diwaspadai Ibu Hamil

 

Ibu hamil yang memiliki kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme) juga memiliki gejala rambut rontok. Hormon tiroid yang sepatutnya bertanggung jawab untuk menjaga tingkat metabolisme metode pencernaan, kesehatan mental, dan pertumbuhan rambut dan kuku menjadi terganggu.

 

Apabila Anda memiliki dilema rambut rontok saat hamil, apalagi disertai gejala lain di luar gejala kehamilan, sebaiknya lantas lakukan pemeriksaan ke dokter.