Perbincangan mengenai mertua cukup peka bagi pasangan suami istri. Apalagi seandainya mertua Anda terbukti kurang menghargai keberadaan Anda atau terlalu mencampuri urusan rumah tangga. Berikut ini bermacam cara yang bisa Anda terapkan untuk menghadapi mertua agar konsisten terjalin kekerabatan yang bagus.

 

Tips arif dan lancar menghadapi mertua

ibu mertua

 

Menghadapi mertua memang gampang-gampang sulit. Apalagi seandainya selama ini Anda merasa kurang dihargai oleh mertua. Entah itu sebab Anda sering kali diprotes, disalahkan, atau dalam format apa pun. Walaupun semacam itu, mertua tetaplah ayah dan ibu dari pasangan Anda yang perlu dihormati layaknya ayah dan ibu sendiri.

 

Tenang, berikut ini bermacam cara yang bisa Anda terapkan untuk menjalin dan menjaga kekerabatan bagus dengan mertua:

 

  1. Dekatkan diri dengan mertua
READ  Tak Melulu Dengan Bercinta, Orgasme Juga Bisa Tercapai Saat Olahraga

Semakin Anda mengenal seseorang dengan dekat dan akrab, Anda akan kian gampang untuk memahami perilaku dan pikirannya. Anda juga akan kian gampang untuk saling berprofesi sama atau berkomunikasi. Itulah yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi mertua. Kenali mertua Anda dengan bagus, habiskan waktu berkwalitas bersama, dan posisikan diri Anda sebagai sang mertua.

 

Hal ini dilaksanakan semata-mata untuk menumbuhkan empati dan belas beri Anda pada mertua nantinya. Memang tidak gampang, namun bukan berarti ini mustahil dilaksanakan.

 

  1. Diskusikan solusinya dengan pasangan

Sesudah memahami seluk-beluk pribadi dan pikiran mertua Anda, langkah selanjutnya merupakan mendiskusikan solusi dengan pasangan. Jelaskan bagaimana kekerabatan Anda dengan mertua selama ini dan apa saja hasil pengamatan Anda sesudah mengenal sosok mertua lebih dekat.

READ  Cara Cepat dan Jitu Atasi Perut Panas Setelah Makan Pedas

 

Kemudian, tawarkan solusi yang telah Anda godok. Jangan lupa untuk meminta anjuran pada pasangan seputar bagaimana Anda seharusnya bersikap. Agar pasangan bisa lebih memahami, mintalah ia untuk memosisikan dirinya sebagai Anda, sang menantu. Tanyakan padanya kaprah-kaprah seandainya ia di posisi Anda, apa yang akan diperbuatnya.

 

  1. Konsisten hormati mertua

Ketika mertua tidak menghargai Anda, Anda konsisten seharusnya menghormatinya. Tunjukkan sikap hormat pada mertua sebagaimana Anda menghormati ayah dan ibu Anda sendiri. Bersikaplah sebaik yang Anda bisa dan jangan berupaya untuk membalas sikap buruknya.

 

Katakan pada suami bahwa Anda butuh waktu untuk terus mengikuti keadaan dengan sikap orang tuanya. Di samping itu, seandainya mertua seumpama terus meremehkan Anda, bagus dengan sikap ataupun ucapan, karenanya kumpulkan keberanian untuk suatu hari berdiskusi hati ke hati dengan mertua Anda.

READ  Tips Foreplay Ini Bersama Pasangan

 

  1. Perkuat kekerabatan Anda dan pasangan

Memperkuat kekerabatan Anda dan pasangan menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menghadapi segala dilema dalam pernikahan, termasuk yang terkait dengan mertua. Pastikan untuk terus saling menunjang dan saling memperdengarkan satu sama lain.

 

Jadilah tim yang solid dan tunjukkan pada mertua bahwa pernikahan merupakan keputusan yang tepat untuk Anda berdua. Dengan semacam itu, segala dilema yang datang akan Anda berdua hadapi bersama-sama dengan kompak.

 

Bagaimana cara Anda menghadapi mertua memang penting, namun kerukunan kekerabatan pernikahan Anda jauh lebih penting. Oleh sebab itu, jangan hingga dilema dengan mertua merusak keharmonisan rumah tangga Anda. Apalagi hingga membikin rumah tangga Anda dan pasangan menjadi renggang.