Pada masa subur, tubuh wanita memberikan sebagian sinyal yang dapat terlihat. Salah satu sinyalnya terlihat pada perubahan lendir servik. Perubahan tekstur dan warna lendir servik kemudian dapat dimanfaatkan sebagai sumber info sistem kontrasepsi natural.

 

Mulut atau juga kerap disebut leher rahim berada di komponen bawah rahim, mempunyai wujud seperti silinder dengan panjang berkisar 4 sentimeter. Mulut mempunyai peran penting untuk merencanakan atau menghindari kehamilan, karena, organ ini yaitu saluran penghasil lendir servik yang akan membantu membawa air mani menuju sel telor.

READ  Usia Ideal untuk Menikah

 

Dengan memperhatikan pola lendir servik di antara siklus haid, maka pasangan dapat memastikan, kapan ketika tepat terkait seksual untuk merencanakan ataupun menghindari kehamilan.

 

Untuk pasangan yang merencanakan kehamilan, lakukan kekerabatan intim pada masa subur yang diketahui dari tekstur lendir servik tipis dan cair. Sebaliknya, hindari masa-masa hal yang demikian untuk melaksanakan kekerabatan intim tanpa alat kontrasepsi bagi pasangan yang berkeinginan menghindari kehamilan.

 

Salah satu kelemahan sistem lendir servik untuk kontrasepsi yaitu ketepatan untuk mengecek lendir servik dan membendung diri melaksanakan kekerabatan seksual tanpa pengaman pada masa-masa tertentu. Cara ini juga tak dapat mencegah infeksi menular seksual. Kecuali itu, sebagian wanita kemungkinan merasakan aneh ataupun tak nyaman untuk melaksanakan pengecekan lendir servik.

READ  Beragam Jenis Olahraga Dalam Waktu Singkat

 

Sementara itu, keuntungan menggunakan lendir servik sebagai sistem kontrasepsi yaitu minimnya risiko kepada kesehatan. Sekiranya dilakukan dengan tepat, tingkat keberhasilannya cukup tinggi, hanya sekitar 3 wanita yang hamil dari 100 wanita yang menggunakan lendir servik sebagai sistem kontrasepsi natural. Dan juga, sistem ini murah karena tak memerlukan alat atau tarif khusus.

 

Untuk keberhasilan sistem kontrasepsi memanfaatkan lendir servik, lakukan pengecekan dengan jitu. Sekiranya perlu, amati pola lendir servik sebagian bulan sebelum benar-benar menggunakan ini sebagai sistem kontrasepsi. Berkonsultasilah dengan dokter umum atau dokter kandungan untuk info lebih lanjut.

READ  Morning-After Pill Sebagai Kontrasepsi Darurat